Harkitnas 2022, Ganjar Pranowo: Momentum Kebangkitan, Jauh Lebih Mandiri Setelah Pandemi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (DOK Humas Jateng)

Bagikan:

JATENG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei harus dijadikan sebagai momentum masyarakat Indonesia bangkit setelah pandemi. 

Terlebih, sinyal kebangkitan itu sudah diumumkan Presiden Joko Widodo yang mengizinkan masyarakat tak menggunakan masker di luar ruangan. 

“Namun, kita tetap berhati-hati. Itu kewaspadaan. Kedua, kebangkitan ekonomi setelah kemudian kita mengalami krisis kesehatan kemarin,” ujar Ganjar usai memimpin upacara Harkitnas ke 114 tingkat Provinsi di halaman kantor Pemprov Jateng, Jumat, 20 Mei. 

Harkitnas 2022, lanjut Ganjar, sekaligus menjadi momentum kesempatan bagi Indonesia menunjukkan peran dalam pelaksanaan G20 untuk mempengaruhi kondisi global.

“Maka itulah momentum kebangkitan ini kita jadikan semangat bersama untuk jauh lebih mandiri lagi,” tegas Ganjar.

Ganjar menilai, pengalaman di masa lalu terutama di masa pandemi telah menyadarkan bahwa bangsa Indonesia harus bisa mandiri dalam ekonomi. Dia mendorong seluruh elemen bangsa untuk bergerak dan mendukung sejumlah sektor yang saat ini masih dalam posisi tidak mudah agar bisa bangkit.

“Kita siapkan betul krisis globalnya mesti diantisipasi dengan kekuatan lokal," katanya 

“Sektor yang sekarang mengalami posisi tidak mudah seperti pangan energi, cepat kita harus menggunakan seluruh kekuatan untuk bisa bangkit di momentum ini,” tambah Ganjar.