Demi Pemilu 2024 Berintegritas, Bawaslu Kulon Progo Gandeng Tokoh Agama
Bawaslu Kulon dan Ketua FKUB menandatangani MoU tentang pengawasan partisipatif Pemilu 2024. (ANTARA/HO-Bawaslu Kulon Progo)

Bagikan:

DIY - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggandeng tokoh-tokoh agama setempat demi penyelenggaraan Pemilu 2024 yang berintegritas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo Ria Harlinawati mengatakan para tokoh agama itu tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang memiliki peran strategis untuk menyampaikan praktik demokrasi yang bersih dan jujur.

"Pemuka agama merupakan tokoh masyarakat yang suaranya, biasanya, didengar masyarakat. Bawaslu Kulon Progo berterima kasih kepada FKUB Kulon Progo yang turut menciptakan pemilu yang berintegritas," kata Ria Harlinawati di Kulon Progo, Kamis 19 Mei.

Untuk itu, ia berharap nantinya pemuka agama turut memberikan pemahaman-pemahaman yang benar terkait pengawasan pemilu.

"Dengan cara itu, pelanggaran dalam Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Kulon Progo akan dikurangi,” ujar Ria mengutip Antara.

Bawaslu Kabupaten Kulon Progo menggandeng FKUB setempat dituangkan dalam komitmen kerja sama dua lembaga tersebut dalam nota kesepahaman bersama.

Salah satu poin dalam ruang lingkup MoU tersebut adalah sosialisasi kepada pemuka agama dan organisasi masyarakat keagamaan berkaitan tentang pengawasan partisipatif pemilu.

"Harapannya, pemuka agama nantinya bisa ikut menyosialisasikan pengawasan pemilu kepada masyarakat," ujar Ria.

Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Kulon Progo Agung Mabruri Asrori mengatakan FKUB akan berusaha untuk ikut menciptakan suasana pemilu yang kondusif dan damai.

Pada saat menjelang pelaksanaan pemilu, sering kali muncul berbagai isu yang bisa menciptakan kondisi hangat di masyarakat, salah satunya adalah terkait permasalahan dengan latar belakang agama.

"Oleh karena itu, kami akan berusaha menciptakan kondisi masyarakat yang kondusif untuk mendukung terlaksananya pemilu yang bersih, adil, dan berintegritas," tandasnya.