1 Tahun Lagi Pemilu 2024, Bawaslu Sosialisasi Pelaksanaan Damai dan Berintegritas
Ilustrasi. Petugas KPPS membantu penyandang disabilitas ODGJ membuka surat suara di bilik suara saat simulasi pemilu di Blitar, Jatim, Rabu 19 Desember 2018. (ANTARA-Irfan A)

Bagikan:

DIY - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyosialisasikan pemilu damai dan berintegritas di Kabupaten Kulon Progo bersamaan dengan momen satu tahun jelang Pemilu 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Ria Harlinawati mengatakan, sosialisasi itu dilaksanakan di 12 titik tempat keramaian, seperti tempat wisata dan pasar yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kulon Progo.

"Pelaksanaan siaga pengawasan ini dalam rangka satu tahun menjelang hari pemungutan suara 14 Februari 2024," kata Ria di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa 14 Februari, disitat Antara.

Ia mengatakan, dalam sosialisasi ini, Bawaslu Kabupaten Kulon Progo bersama panwaslu kecamatan dan panwaslu kelurahan/desa menyampaikan beberapa pesan, salah satunya ajakan kepada masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran pemilu. Sosialisasi melalui pesan lisan dan tulisan, seperti stiker.

Selain itu, lanjut dia, dalam sosialisasi siaga pengawasan, Bawaslu Kulon Progo meluncurkan Program "Jarimu Awasi Pemilu" yang merupakan komunitas digital pengawasan partisipatif dan mengajak lmasyarakat untuk bergabung dalam komunitas digital ini.

Bahkan, Bawaslu Kulon Progo bersama panwaslu kecamatan meluncurkan Posko "Kawal Hak Pilihmu" di Kantor Bawaslu Kulon Progo dan 12 Kantor Panwaslu Kecamatan se-Kulon Progo.

Ria Harlinawati mengatakan Bawaslu Kulon Progo intensif mematangkan langkah-langkah dalam mengoptimalkan pengawasan pemilu dari berbagai aspek, baik pencegahan, pengawasan, maupun penindakan pelanggaran.

"Salah satu yang ingin dioptimalkan Bawaslu Kulon Progo adalah pengawasan partisipatif dengan mengajak serta masyarakat untuk mengawal Pemilu 2024," tandasnya.