Janji Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Tambah Insentif Guru TPQ
Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 1, Eri Cahyadi menghadiri deklarasi dukungan (ISTIMEWA)

Bagikan:

SURABAYA - Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 1, Eri Cahyadi, berjanji akan meningkatkan insentif guru keagamaan seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) menjadi Rp500 ribu per bulan. Saat ini Pemkot Surabaya memberikan insentif Rp400 ribu per bulan.

"Untuk guru TPQ, nantinya kita tambah menjadi Rp500 ribu per bulan. Itu bentuk perhatian kepada beliau-beliau yang mengabdikan diri membentuk karakter warga berakhlakul karimah. Demikian pula guru keagamaan semua lintas agama akan mendapat perhatian yang sama," kata Eri saat menghadiri deklarasi dukungan dari para guru mengaji TPA/TPQ dan Khotmil Quran di lantor DPC PDI Perjuangan Surabaya, Kamis, 15 Oktober.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) ini mengatakan, Surabaya akan menjadi kota yang nyaman dan aman ketika warganya memiliki akhlakul karimah. Akhlak yang baik itu menurut Eri perlu dibentuk sejak masih anak-anak sehingga akan terpatri sejak kecil.

"Siapakah yang paling pas menjadi pemimpin sejati itu? Yakni mereka yang paling dekat dengan maysarakat dan anak-anak. Salah satunya adalah para guru ngaji. Beliau-beliau ini yang membentuk karakter akhlakul karimah anak-anak Surabaya dari sisi agama. Makanya sudah sewarjarnya jika kami akan memberikan perhatian kepada beliau-beliau, meski beliau-beliau juga ikhlas mengajarnya," tutur dia.

Selain itu, Eri berbicara mengenai  pembangunan pekerjaan infrastruktur di Kota Pahlawan yang hampir rampung. Karena itu, Eri akan menjadikan program pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas. 

"Harapan saya adalah jika nanti generasi penerus ini memiliki akhlak yang baik, saat mereka menjadi pemimpin kelak atas landasan agama, pasti untuk kepentingan umat bukan untuk kepentingan pribadi," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Wadah Guru Ngaji Surabaya (Wak Gus), Muhammad Alfan, mengatakan dukungan kepada pasangan Eri Cahyadi-Armuji diberikan berdasarkan musyawarah. Eri-Armuji dinilai mampu meneruskan kebaikan-kebaikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Kita telah sepakat dan tekad bulat untuk mendukung Eri Cahyadi. Beliau telah berkomitmen untuk meneruskan kebaikan-kebaikan Bu Risma. Sesuatu yang baik jika diteruskan, hasilkan akan menjadi lebih baik. Makanya para guru ngaji yang tergabung dalam Wak Gus mendukung Eri-Armuji," katanya.