Survei SMRC: Berkat Dibolehkan Mudik, Kepuasan Masyarakat Terhadap Jokowi Meningkat Jadi 75 Persen
Presiden Jokowi/DOK BPMI Setpres

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis jajak pendapat mengenali tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo setelah Idulfitri 1443 H.

Direktur Eksekutif SMRC Abbas mengungkapkan, dalam sebulan terakhir, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi saat ini sebesar 76,7 persen. Sementara, sebanyak 20,9 persen menyatakan kurang atau tidak puas sama sekali, dan 2,4 persen tidak menjawab.

Abbas menuturkan, angka ini meningkat 16 persen dari periode survei sebulan sebelumnya.

"Dalam sebulan terakhir, kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi naik dari 65,5 persen pada survei 12-15 April 2022 menjadi 76,7 persen dalam survei terakhir 10-12 Mei 2022," kata Abbas dalam pemaparan survei secara tertulis, Rabu, 18 Mei.

Abbas melanjutkan, salah satu penyebab naiknya angka kepuasan terhadap kinerja Jokowi adalah kebijakan pemerintah yang membolehkan masyarakat mudik Lebaran tahun ini dan juga penanganan COVID-19 saat ini.

Dalam periode survei yang sama, sekitar 76 persen warga merasa sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini. Yang merasa kurang atau tidak puas sama sekali sekitar 9 persen, dan yang tidak tahu atau tidak jawab 15 persen.

Sementara itu, sekitar 75 persen warga merasa puas dengan kerja pemerintah pusat menangani Covid-19. Yang kurang atau tidak puas sekitar 22 persen, dan yang tidak tahu atau tidak menjawab sekitar 3 persen.

“Warga yang merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani wabah COVID-19 dan penyelengaraan mudik cenderung merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Begitu pun sebaliknya,” ucap Abbas.