Djarot Saiful Hidayat PDIP: Heru Budi Hartono Cocok jadi Pj Gubernur DKI Jakarta
Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat (Wardhany T/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menyebut nama Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono cocok menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Dia menyebut Heru punya banyak pengalaman kerja dan dianggap bisa mengayomi.
 
"Pak Heru saya pikir, kalay menurut saya sih, kalau dia diajukan oleh Kemendagri, kan, mengajukan Kemendagri yang memilih presiden ya cukup pantas," kata Djarot kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 18 Mei.
 
Djarot menyebut dirinya mengenal sejumlah tokoh yang diprediksi akan menjabat menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta seperti Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta periode 2008-2013 Juri Ardiantoro. Tapi, secara pribadi, Djarot lebih menilai Heru yang cocok maju mengisi jabatan yang ditinggal Anies Baswedan itu.
 
Apalagi, Heru punya sejumlah pengalaman kerja mumpuni untuk memimpin sebuah daerah. "Dia pernah memimpin wilayah Wali Kota Jakarta Utara termasuk (saat pelaksanaan, red) revitalisasi waduk pluit, dia wali kota waktu itu," ungkap Djarot.
 
Selain itu, Heru juga dinilai pernah menduduki jabatan lainnya dan berhasil. "Orannya pekerja keras, tidak kenal lelah, dan full ya. Jadi bisa mengayomi. Saya pikir kalau Pak Heru cocoklah (menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta, red)," tegasnya.
 
Sebagai informasi, 272 kepala daerah di Indonesia bakal habis masa jabatannya dalam waktu dekat. Nantinya, mereka akan digantikan oleh penjabat hingga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bakal dilaksanakan pada 2024.
 

 
Sementara beberapa waktu lalu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah melantik lima orang Pj gubernur pada Kamis, 12 Mei di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara. Mereka yang dilantik adalah:
 
1. Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar yang menjadi Pj Gubernur Banten
 
2. Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik yang menjadi Pj Gubernur Sulawesi Barat
 
3. Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin yang menjadi Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung
 
4. Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga Hamka Hendra Noer yang bakal dilantik menjadi Pj Gubernur Gorontalo
 
5. Komjen (Purn.) Paulus Waterpauw yang kini menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri sebagai Pj Gubernur Papua Barat.