Habisi Diduga Selingkuhan Suaminya Pakai Gunting Rumput, Polisi Bakal Cek Kejiwaan Neneng
Pelaku Neneng yang menusukkan gunting rumput ke tubuh diduga selingkuhan suaminya diamankan polisi. (M Jehan/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi akan membawa Neneng Umaya (36), pelaku pembunuhan terhadap wanita Dini Nurdiani (26) ke psikiater. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kejiwaan pelaku.

"Kalau dibawa psikater rencana memang iya, kemarin saya sudah kordinasi dengan Kasat Reskrim (Polres Metro Bekasi) rencana tahapannya bawa psikiater mau dicek kejiwaannya," kata Kapolsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ardhie Demastyo saat dikonfirmasi, Minggu, 15 Mei.

Ardhie mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Metro Bekasi membawa pelaku ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kendati demikian, Ardhie belum mengetahui kapan tes kejiwaan akan dilakukan terhadap pelaku. Namun dipastikan, akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat ini, karena pemeriksaan awal di sana sudah saya limpahkan (ke Polres Metro Bekasi)," ujarnya.

Ardie menjelaskan, aksi sadis ini bermula saat pelaku mengetahui adanya percakapan antara suaminya ID (27) dengan korban dalam aplikasi pesan singkat. Gelap mata pelaku berniat untuk melakukan aksi pembunuhan.

"Istirinya (Neneng) melihat percakapan suaminya dengan korban yang isinya ingin menceraikan istrinya. Terus suaminnya bilang 'abis Lebaran saya urus' berawal dari situ makannya istrinya sampai emosi hingga mempersiapkan itu," tutur Ardhie.

Memuluskan rencananya, pelaku berpura-pura menjadi suaminya. Membalas pesan singkat kepada korban hingga sepakat untuk bertemu.

Menjelang pertemuan, pelaku mengaku kepada korban sebagai keponakan suaminya. Pelaku mempersiapkan alat-alat untuk menghabisi korban. Mulai dari kunci inggris, gunting rumput, hingga pakaian salin. Kemudian menjemput korban di Halte Garuda Taman Mini, Jakarta Timur, Selasa, 26 April.

Sesampainya di kawasan Kota Bekasi, tersangka menghentikan laju kendaraannya. Ia berdalih suaminya bakal menemui dirinya di lokasi tersebut.

Korban yang tidak tahu rencana jahat pelaku, menyetujuinya. "Saat korban lengah tersangka pun langsung memukul kepala korban dengan kunci inggris yang sebelumya telah disiapkan," ujarnya.

Makin beringas, pelaku menusukkan gunting rumput beberapa kali ke tubuh korban, hingga bagian leher. "Kemudian tersangka menyeretnya ke dalam parit kecil yang tidak jauh dari lokasi,” tandasnya.