Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut sejumlah negara Barat mengorbankan seluruh demi dominasi, termasuk ancaman kelaparan, saat negaranya mampu menghadapi tantangan eksternal.

Kesalahan atas konsekuensi global sanksi terhadap Rusia, termasuk kemungkinan kelaparan di sejumlah negara, menurut Presiden Putin berada di tangan negara-negara Barat, di mana demi dominasi mereka siap mengorbankan seluruh dunia.

Dia mencatat, sejumlah negara sudah menghadapi ancaman kelaparan dan jika sanksi terhadap Rusia terus berlanjut, sementara Uni Eropa juga dapat menghadapi konsekuensi yang akan sulit untuk dibatalkan.

"Kesalahan untuk ini sepenuhnya dan sepenuhnya terletak pada elite negara-negara Barat, yang demi mempertahankan dominasi global mereka siap mengorbankan seluruh dunia," kata pemimpin Rusia itu, melansir TASS 12 Mei.

Pada gilirannya, Rusia dengan percaya diri menghadapi tantangan eksternal, tambahnya, berkat kebijakan makroekonomi yang bertanggung jawab dalam beberapa tahun terakhir, serta solusi sistemik untuk memperkuat kedaulatan ekonomi dan keamanan teknologi dan pangan.

"Perusahaan produksi kami secara bertahap mengisi ceruk pasar domestik yang dibebaskan setelah mitra yang tidak bermoral pergi, termasuk barang-barang dasar, peralatan industri dan jasa, konstruksi dan mesin pertanian," pungkasnya.