Hujan Deras Iringi Pancaroba di Sangihe Sulut, BPBD Wanti-wanti Jalur di Dataran Tinggi
Potensi hujan lebat di Sulut saat pancaroba. (Antara)

Bagikan:

SULUT - Intentitas hujan tinggi iringi pancaroba di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat meminta warga mewaspadai potensi bencana alam yang muncul akibat cuaca tersebut.

"Hujan deras disertai angin sering melanda Kabupaten Sangihe, sehingga masyarakat di minta meningkatkan kewaspadaan akibat cuaca pancaroba," kata Wandu Labesi di Tahuna, Selasa 10 Mei.

Menurut dia, warga kewaspadaan masyarakat terhadap bencana akibat hujan lebat yang disertai dengan angin kencang perlu di tingkatkan sebab Sangihe merupakan daerah rawan bencana.

"Jika hendak melakukan perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan atau melintas area perkebunan, pegunungan, dan tebing perlu berhati-hati dan waspada dari kemungkinan longsor dan pohon tumbang," imbuhnya melansir Antara.

Dampak hujan lebat dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama yang dapat mengakibatkan banjir sehingga warga yang bermukim di wilayah rawan banjir juga harus waspada.

"Kami meminta semua masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana agar tetap meningkatkan kewaspadaan sebab hujan sedang melanda Kabupaten Sangihe," ujarnya.

Menurut dia, bagi yang bermukim di daerah aliran sungai serta lereng bukit yang rawan bencana agar terus meningkatkan kewaspadaan.

Dia juga meminta kepada pemerintah kampung dan kelurahan agar segera menghubungi BPBD apabila terjadi bencana alam. "Pemerintah kampung dan kelurahan diharapkan tetap waspada dan melakukan pemantauan di wilayah kerja masing-masing," tandasnya.