Manado Hujan Deras, Banjir Terjadi di Sejumlah Lokasi
ILUSTRASI/PIXABAY

Bagikan:

MANADO - Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) diguyur hujan deras. Akibatnya banjir menggenangi sejumlah ruas jalan.

Banjir dilaporkan terjadi di ruas Jalan Bethesda, lokasi RS Ratumbuysang. Selain itu, banjir terjadi di Ring Road Citraland, Malalayang.

“Di Malalayang selutut ketinggian air,” kata Edwin Monding, relawan untuk BPBD Sulut saat dihubungi VOI, Jumat, 22 Januari.

Menurutnya sudah dua jam hujan deras mengguyur Manado. Edwin menyebut banjir di sejumlah ruas jalan terjadi karena saluran drainase tak mampu menampung debit air. 

“Sekarang masih hujan deras,” kata Edwin dihubungi pukul 14.53 WIB.

Puncak Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi pada Januari hingga Februari 2021.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada potensi cuaca ekstrem dan diminta untuk selalu 'update' informasi cuaca dari kanal-kanal informasi BMKG," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dikutip Antara, Rabu, 20 Januari.

Sementara itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor. Apalagi, Indonesia saat ini tengah memasuki musim hujan.

"Selama musim hujan ini belum berakhir potensi terjadi bencana hidrometeorologi masih ada, terutama kondisi tanah sekarang sudah jenuh akibat terisi hujan sebelumnya,"  kata peneliti Pusat Penelitian Limnologi LIPI Iwan Ridwansyah, saat dihubungi Antara, Selasa, 19 Januari. 

Iwan menuturkan Indonesia akan mengalami puncak musim hujan pada Januari-Februari sehingga perlu lebih waspada bencana hidrometeorologi.

Menurut Iwan, wilayah yang berpotensi longsor adalah yang memiliki kemiringan tinggi. Masyarakat pada wilayah-wilayah tersebut tentunya harus waspada dengan memperhatikan imbauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.