Hujan Deras Guyur Singapura, Sejumlah Lokasi Terendam Banjir
Ilustrasi banjir di Singapura. (Wikimedia Commons/Smuconlaw)

Bagikan:

JAKARTA - Banjir bandang menerjang sejumlah wilayah di Singapura akibat hujan deras yang turun di seluruh wilayah negara tersebut, Sabtu 17 April. 

Badan air nasional PUB mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan peringatan risiko banjir untuk lebih dari 20 lokasi, termasuk Sime Darby Centre, Bukit Timah Canal (Gereja Baptis Leng Kwang), Kanal Ulu Pandan dan Sungei Pandan Kechil (NUS dan AYE).

PUB melalui akun Facebooknya seperti melansir CNA menyebut, banjir memengaruhi lalu lintas di kawasan yang terendam banjir. 

"Banjir diamati terjadi di trotoar pejalan kaki di sepanjang Jalan Dunearn dekat Sime Darby Centre, serta Penghubung Taman di sepanjang Kanal Ulu Pandan, karena permukaan air yang tinggi di saluran air dan kanal yang berdekatan," tulis PUB.

PUB menerangkan, hujan lebat berkepanjangan turun di banyak wilayah di Singapura pada sore hari, dengan tingkat air melebihi kapasitas 90 persen di beberapa saluran air dan kanal.

Curah hujan terbesar 161,4mm tercatat di Singapura bagian barat dari pukul 12.25 hingga 15.25, kata PUB. Tingginya curah hujan menjadi penyebab banjir yang terjadi hari ini.

"Jumlah ini sesuai dengan 91 persen dari rata-rata curah hujan bulanan di Singapura pada Bulan April, dan berada dalam 0,5 persen teratas dari catatan curah hujan harian maksimum sejak tahun 1981," terang PUB.

PUB menambahkan, tim respon cepat dikerahkan ke lokasi yang terkena dampak untuk membantu pengemudi dan pejalan kaki.