Bagikan:

SULUT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengingatkan warga Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara waspada terhadap potensi bencana alam seiring intensitas hujan tinggi melanda daerah tersebut.

Kepala BPBD Sangihe, Wandu Labesi mengingatkan warga agar tidak lengah dengan potensi kerawanan bencana di daerahnya.

"Kami mengingatkan semua warga agar tetap waspada terhadap kondisi alam akibat cuaca hujan yang melanda Kabupaten Sangihe," kata Wandu Labesi di Tahuna, Senin 4 April, dikutip dari Antara.

Menurut dia, saat ini Kabupaten Kepulauan Sangihe sedang memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi sehingga perlu kewaspadaan dari semua warga.

"Aparat kampung dan kelurahan hendaknya terus mengawasi kondisi alam di sekitar, agar segera mengambil langkah bila diperlukan," kata dia.

Kabupaten Sangihe, kata dia, merupakan salah satu daerah yang rawan bencana banjir dan longsor sebab sudah sering terjadi ketika hujan dengan intensitas tinggi.

"Kita semua berharap agar tidak terjadi bencana akibat kondisi alam ini, namun masyarakat tetap harus waspada agar terhindar dari bencana alam," kata dia.

Dia mengingatkan pengguna jalan khususnya kendaraan luar Kota Tahuna agar mewaspadai pohon yang tumbang serta jalan longsor.

"Pengguna jalan khususnya kendaraan luar kota agar selalu waspada terhadap longsor dan pohon yang tumbang dan jalan yang licin di musim hujan seperti ini, sebab jalur jalan di Sangihe rawan longsor," tandasnya.