Arus Balik Diperkirakan Masih Terjadi Pekan Ini, Ketua DPR Minta Pemerintah Tetap Beri Pelayanan Optimal
Ketua DPR Puan Maharani. ANTARA/HO-DPR RI/aa.

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah dan stakeholder terkait tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik yang belum kembali dari kampung halaman. 

Meskipun puncak arus balik Lebaran 2022 sudah lewat, namun Puan meyakini mobilitas masih akan terjadi hingga akhr pekan ini.

“Di berbagai daerah, baik di pelabuhan, bandara, dan stasiun masih tergolong cukup ramai. Pemudik yang kembali setelah masa libur Lebaran selesai harus tetap mendapatkan pelayanan yang optimal,” ujar Puan dalam keterangannya, Senin, 9 Mei. 

Puan juga mengingatkan pengelola jalan tol untuk memperhatikan fasilitas bagi pemudik. Pasalnya, hingga Minggu, 8 Mei malam, kendaraan yang kembali ke arah Jabodetabek di jalur tol terpantau masih cukup ramai. Apalagi, sistem one way di jalur tol sudah dihentikan setelah puncak arus balik semalam.

“Kebutuhan masyarakat, termasuk rest area yang bersih dan layak harus menjadi perhatian,” kata Puan. 

Puan mengapresiasi kinerja pihak kepolisian, Kementerian Perhubungan, penyelenggara jalan tol, kereta api, kapal, dan pesawat terbang yang memastikan masyarakat dapat mudik dengan nyaman hingga kembali ke kediamannya masing-masing.

Puan juga meminta seluruh pihak memperhatikan skema atau skenario yang dibutuhkan untuk pemudik. Menurutnya, sistem yang diambil harus memprioritaskan kebutuhan masyarakat.

“Sambil terus memastikan seluruh sarana protokol kesehatan dijalankan dengan baik sehingga kita dapat menekan kemungkinan peningkatan kasus COVID-19 usai mudik Lebaran,” kata Puan.

Selain itu, Puan juga mendukung kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) seminggu usai libur lebaran guna mengurai kemacetan arus balik. 

“Namun untuk ASN atau PNS yang bekerja di bagian pelayanan publik, harus tetap bekerja di kantor seperti biasa agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu,” ujar Puan.