Takut Kecolongan, Polisi Periksa Rumah Kosong yang Ditinggal Mudik Pemiliknya
Petugas kepolisian melakukan pengecekan di rumah kosong yang ditinggal pemiliknya mudik Lebaran/ Foto; Antara

Bagikan:

JAKARTA – Untuk menghindari aksi kejahatan pencurian rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya, sejumlah personel kepolisian sektor Kota Baru, Jambi melakukan pengecekan dan patroli ke perumahan warga.

Kapolsek Kotabaru, Kompol Dhadhag Anindito mengatakan sejak libur lebaran, pihaknya telah melakukan patroli ke sejumlah perumahan, seperti perumahan di Kenali Asam Bawah, Kotabaru, Kota Jambi.

Satu persatu, rumah warga dicek dan dilihat kondisinya. Setelah memastikan kondisi aman, anggota Polsek kembali bergerak ke sejumlah titik lainnya.

"Upaya ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat saat meninggalkan rumah selama momen mudik lebaran. Terlebih setelah sejumlah masyarakat yang melaksanakan mudik, menghubungi pihak kepolisian untuk memantau keamanan selama bepergian," kata Dhadhag, mengutip Antara, Sabtu, 7 Mei.

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan melalui Pos Pam, Pos Yan dan Pos Terpadu di dalam Operasi Ketupat 2022, di kawasan perumahan warga yang ditinggal pemudik.

Kapolsek mengimbau, agar masyarakat yang ingin menitipkan rumahnya selama melaksanakan mudik, untuk segera menghubungi Polsek dan Polres untuk memastikan kondisi aman.

"Silahkan berikan identitas, kemudian informasi jadwal berangkat dan kapan waktunya kembali. Dan jangan lupa sebelum meninggalkan rumah silahkan padamkan aliran listrik serta kompor," kata Kompol Dhadhag.

Sejauh ini, kata Dhadhag, sudah ada sejumlah warga yang datang ke Polsek untuk menitipkan rumahnya, agar mendapat pantauan dari petugas.