Kegiatan Penyeberangan di Pelabuhan Merak Meningkat, Efek Libur Sekolah Diperpanjang?
Ilustrasi pelabuhan Merak, Banten (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

BANTEN - Polda Banten mencatat peningkatan kegiatan penyeberangan yang signifikan di Pelabuhan Merak, Banten. Banyak masyarakat yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Peningkatan ini diduga sebagai dampak pengumuman pemerintah yang memperpanjang liburan anak sekolah. Seperti diketahui, Kemendikbud Ristek mengumumkan libur sekolah diperpanjang hingga 11 Mei mendatang.

"Arus yang berangkat dari Pelabuhan Merak menuju ke Lampung juga mengalami peningkatan, yaitu dari 41.114 pada Kamis (5 Maret), meningkat menjadi 56.193 penumpang pada Jumat (6 Maret),” kata Shinto di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, 7 Maret, seperti yang dilansir Antara.

Selaras dengan peningkatan pada jumlah penumpang kapal, jumlah kendaraan bermotor yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni juga mengalami peningkatan.

Berdasarkan catatan akumulasi penumpang angkutan Lebaran Tahun 2022 milik PT ASDP Indonesia Ferry (persero), jumlah kendaraan bermotor pada periode Kamis (5 Maret) pukul 08.00 WIB hingga Jumat (6 Maret) pukul 08.00 WIB mencapai 8.124 unit kendaraan.

Sedangkan, pada periode Jumat (6 Maret) pukul 08.00 WIB hingga Sabtu (7 Maret) pukul 08.00 WIB, jumlah kendaraan mengalami peningkatan hingga mencapai 10.517 unit kendaraan.

"Peningkatannya sebesar 2.903 unit kendaraan atau mencapai 29,4 persen," ucapnya.

Peningkatan ini, tutur Shinto melanjutkan, menjadi antisipasi kepolisian setempat guna mencegah terjadinya antrean yang mengular maupun kemacetan di kawasan Pelabuhan Merak.

"Ini menjadi data yang harus diantisipasi mengingat terjadi peningkatan jumlah orang maupun kendaraan yang melintas dari Pelabuhan Merak menuju Lampung," kata Shinto.