Arus Balik Meningkat, 6.207 Kendaraan Pemudik Kembali ke Riau
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Lintas Timur Sumatera, Sekernan, Muarojambi, Jambi, yang berbatasan dengan Provinsi Riau, Sabtu (8/5/2021). (ANTARA/Wahdi Septiawan)

Bagikan:

PEKANBARU - Kepolisian Daerah Provinsi Riau mencatat hingga saat ini 6.207 kendaraan roda dua dan empat yang digunakan para pemudik Lebaran 2022 telah kembali ke Riau melalui semua pintu perbatasan di daerah itu.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Sunarto di Pekanbaru, Sabtu, 7 Mei mengatakan volume kendaraan arus balik terus meningkat signifikan dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

"Volume arus balik meningkat sebanyak 2.727 unit kendaraan dibandingkan hari sebelumnya. Untuk hari Kamis, 5 Mei kemarin, sebanyak 6.207 kendaraan yang masuk ke Riau," kata dia.

Ia mengatakan peningkatan volume arus balik terbesar terjadi di pos terpadu perbatasan Riau-Sumatera Barat di Kabupaten Kampar, yaitu 4.232 kendaraan, sedangkan arus balik melalui pos terpadu perbatasan Riau-Sumatera Barat di Kabupaten Kuantan Singingi tercatat 263 kendaraan yang terdiri atas 102 kendaraan roda dua dan 161 kendaraan roda empat.

Arus balik melalui pos terpadu perbatasan Riau-Jambi di Kabupaten Indragiri Hilir tercatat 295 kendaraan yang terdiri atas 138 kendaraan roda dua dan 157 kendaraan roda empat, sedangkan melalui pos terpadu di perbatasan Riau-Sumatera Utara di Kabupaten Rokan Hilir tercatat 417 kendaraan, terdiri atas 132 kendaraan roda dua dan 285 kendaraan roda empat.

"Puncak arus balik Lebaran diprediksi mulai hari ini hingga hari Minggu, 8 Mei besok," ucapnya.

Oleh sebab itu, dia berpesan kepada pengguna kendaraan untuk selalu waspada dan menaati peraturan lalu lintas.

"Tetap hati-hati dan waspada. Utamakan keselamatan di jalan," katanya.