Bagikan:

JAKARTA - Daehyeon-dong, yang terletak di Distrik Buk di Daegu, kota terbesar ketiga di negara ini, terlihat tidak berbeda dari area pemukiman lain di Korea.

Tetangga yang sudah saling kenal selama beberapa dekade terlihat mengobrol santai di gang, sementara restoran dan kafe yang ramah dompet melayani siswa yang belajar di Universitas Nasional Kyungpook di dekatnya.

Tetapi keadaan tidak begitu damai di satu gang sempit yang mengarah ke lokasi pembangunan masjid Islam, yang tampaknya hampir terlantar dengan hanya kerangka logam yang berdiri. Sebuah tenda kuning kecil dipasang di sebelah properti, di mana penduduk lingkungan telah mengadakan protes setiap hari terhadap pembangunan tersebut.

Kohabitasi yang tidak nyaman ini telah berlangsung selama lebih dari setahun, sejak mahasiswa Muslim di Universitas Nasional Kyungpook memutuskan untuk membangun sebuah masjid berlantai dua, setelah menghancurkan sebuah rumah kecil yang telah mereka gunakan sebagai tempat ibadah sejak tahun 2014.

Pembangunan masjid baru disahkan oleh Kantor Distrik Buk pada September 2020 dan tanahnya dibongkar pada Desember, tetapi segera memicu gesekan dengan warga Korea di sekitarnya.

protes pembangunan masjid di daegu
Protes pembangunan masjid di Daegu. (Tangkapan layar YouTube The Korea Times)

Para tetangga mengajukan keluhan ke kantor distrik tentang kebisingan dan debu yang berasal dari lokasi konstruksi, serta suara jamaah dan bau makanan asing mereka sebelum konstruksi dimulai. Pada Februari 2021, otoritas distrik mengeluarkan perintah administratif untuk menghentikan pembangunan.

Sejak saat itu, pembangunan telah ditunda tanpa batas waktu, sementara konflik semakin dalam.

Saat ini, umat Islam berkumpul untuk salat lima waktu sehari di sebuah rumah kecil yang digunakan sebagai tempat ibadah sementara di sebelah lokasi pembangunan.

"Seperti yang Anda lihat, tempat ini terlalu kecil untuk menampung semua siswa. Hanya sekitar 20 hingga 25 dari kami yang bisa datang untuk sholat. Kami sangat membutuhkan ruang yang lebih besar. Setelah kami membangun masjid baru, rumah ini akan digunakan untuk menampung jemaah wanita," kata Muaz Razaq, 25, mahasiswi Ph.D yang belajar ilmu komputer di Kyungpook, seperti melansir Korea Times 3 Mei.

Razaq menjelaskan, lokasi tersebut sangat ideal untuk para mahasiswa Muslim yang kebanyakan belajar di Kyungpook.

"Hanya lima menit berjalan kaki dari kampus. Karena kita harus salat lima waktu dan juga harus melakukan penelitian di laboratorium, masjid harus cukup dekat sehingga kita bisa berjalan, sholat, kembali ke hidup kita dengan cepat," paparnya.

Tapi lokasinya jauh dari sempurna untuk beberapa tetangga. Park Jeong-sook, 60, yang tinggal tepat di sebelah lokasi pembangunan masjid, mengatakan dia tidak akan bisa tinggal di sana jika masjid itu dibangun.

protes pembangunan masjid di daegu
Protes pembangunan masjid di Daegu. (Tangkapan layar YouTube The Korea Times)

"Ini bukan masalah agama. Saya akan menentangnya bahkan jika itu adalah gereja, katedral, atau kuil. Tidak ada orang waras yang akan menyambut fasilitas serbaguna, di mana orang datang dan pergi setiap hari, untuk menjadi dibangun tepat di sebelah rumah mereka hanya beberapa meter jauhnya. Ini pelanggaran privasi," ungkapnya.

Dia melanjutkan, selama tujuh tahun terakhir sejak dia pindah, keluarganya harus menahan suara keras setiap kali jamaah mengadakan pertemuan besar, terutama selama Ramadan, bulan suci puasa, doa dan ibadah.

"Saya bahkan tidak tahu Ramadan apa sebelum saya pindah ke sini. Sepertinya setiap Muslim di kota berkumpul setelah matahari terbenam dan makan bersama selama periode itu. Karena suara keras dan bau eksotis makanan mereka, kami tidak bisa tidur sama sekali," tuturnya.

"Tapi saya tidak membuat satu keluhan pun ke kantor distrik bahkan ketika mereka mengadakan pesta di malam hari. Saya tidak ingin mempersulit mahasiswa asing, yang telah datang jauh dari negara asal mereka," ungkap Park, menjelaskan bahwa hubungannya dengan tetangga Muslimnya tidak begitu buruk sampai keputusan mendadak mereka untuk membangun masjid.

"Kami tidak menyangkal kebebasan beragama mereka. Dan kami tidak mengatakan mereka harus meninggalkan lingkungan. Yang kami inginkan adalah agar mereka menemukan loaksi yang lebih tepat, di mana kekhawatiran kami tidak akan menjadi masalah. Kami tidak dapat memahami mengapa fasilitas keagamaan setinggi 20 meter harus ditempatkan secara khusus di sini," papar Kim Jeong-ae, seorang wanita berusia 40-an yang mengepalai kelompok warga yang menentang pembangunan masjid.

protes pembangunan masjid di daegu
Warga di sekitar lokasi pembangunan masjid. (Tangkapan layar YouTube The Korea Times)

Menurut cetak biru pembangunan, masjid tersebut akan memiliki tinggi delapan meter, sedangkan bagian menara masjid akan memiliki tinggi hingga 20 meter.

Lebih jauh, Park dan Kim juga khawatir bahwa Muslim mencoba membeli rumah di sekitar lokasi, yang mereka pandang sebagai langkah untuk "memperluas wilayah mereka."

"Realtor menghubungi warga dan menanyakan apakah mereka bersedia menjual rumah mereka kepada Muslim. Sepertinya mereka (Muslim) mencoba menyelesaikan masalah dengan membeli rumah milik warga Korea. Ini tidak masuk akal," tukas Kim.

Klaim Islamofobia

Di sisi lain, kaum Muslim berpendapat bahwa pembangunan itu adalah proses sah yang telah disetujui dan kebebasan beragama mereka harus dijamin.

"Kebutuhan spiritual mahasiswa muslim harus diperhatikan. Misalnya saya bekerja di sini, ada lapangan sepak bola untuk saya memenuhi kebutuhan fisik saya, kemudian juga harus ada tempat untuk memenuhi kebutuhan agama saya," papar Razaq.

"Dan sebenarnya, kami kaget ketika tetangga protes pada awalnya, karena mereka akan tahu bahwa tempat ini telah digunakan sebagai tempat ibadah selama beberapa tahun oleh senior kami setelah mereka membeli rumah," ungkapnya.

Menurut Razaq, rumah tersebut sebelumnya dibeli oleh mahasiswa yang belajar di universitas tersebut pada tahun 2014. Dan seiring bertambahnya jumlah siswa Muslim, mereka memutuskan untuk membangun masjid yang layak.

Dia juga mengatakan, para siswa telah berusaha untuk mengatasi keluhan yang diajukan oleh tetangga, dengan berjanji untuk memasang dinding kedap suara dan cerobong asap yang tinggi di masjid baru, tetapi para tetangga tidak mau bernegosiasi.

Kebuntuan menjadi begitu intens, sehingga kedua belah pihak memasang beberapa kamera pengintai di sekitar gang untuk saling mengawasi.

Penduduk Korea telah memasang kamera pengintai di gang, karena takut mereka mungkin akan diserang oleh Muslim yang marah dengan protes mereka. Sementara, Muslim memasang kamera di lokasi konstruksi, menyusul tuduhan bahwa beberapa tetangga Korea membuang sampah di sana.

Tetapi, beberapa warga, termasuk anggota kelompok Protestan konservatif, tampaknya bertindak terlalu jauh selama protes.

protes pembangunan masjid di daegu
Muaz Razaq. (Tangkapan layar YouTube The Korea Times)

Mereka memajang spanduk berisi ujaran kebencian dan komentar Islamofobia, seperti "Muslim yang membunuh orang secara brutal dan memenggal kepala mereka, keluar dari area ini! Teroris! Sekarang juga!" dan "Islam adalah agama jahat yang membunuh orang."

"Beberapa ekspresi mereka selama protes cukup mengejutkan kami. Itu tidak terkait dengan pembangunan masjid kami. Mereka menyerang agama kami. Mereka menyebut kami teroris, mengatakan bahwa tempat ini akan segera menjadi pusat teroris," terang Razaq.

"Tetapi, bagian yang mengecewakan adalah mereka memasang spanduk seperti itu di luar sekolah. Hal itu membuat Muslim malu dan beberapa secara psikologis terganggu," sambungnya.

Diketahui, kasus ini dibawa ke pengadilan setelah umat Islam mengajukan gugatan terhadap kantor distrik, agar perintah penangguhan dibatalkan. Pengadilan distrik memutuskan mendukung mereka pada Desember 2021, dengan mengatakan perintah administratif dikeluarkan berdasarkan keluhan tetangga daripada alasan hukum.

Pada tanggal 22 April, pengadilan banding memutuskan mendukung Muslim, menolak banding tetangga. Mereka berencana membawa kasus ini ke Mahkamah Agung.

Namun, siapa pun yang memenangkan pertarungan hukum, situasi yang sangat tidak menyenangkan ini diperkirakan akan terus berlanjut.

"Tentu saja, kami ingin kembali ke masa ketika kami dulu hidup damai dengan mahasiswa asing. Tapi sekarang, kami tidak punya pilihan selain bertarung. Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk melindungi hak kami untuk mengejar kebahagiaan, " tukas Kim.

Razaq berkata, "Kami masih siap untuk duduk dan berbicara dengan warga Korea. Tetapi jika mereka hanya menyuruh kami pergi dari sini, itu tidak akan menyelesaikan masalah."