Setelah 2 Tahun, Salat Idulfitri Lembali Digelar di Kawasan Pelabuhan Makassar
Ilustrasi di sekitar kawasan Gudang 104 dan Lapangan Parkir Pelabuhan Makassar yang akan menjadi tempat sholat Ied pada Senin (2/5/2022). Antara/ Suriani Mappong

Bagikan:

MAKASSAR - Pelaksanaan salat Idulfitri 1443 Hijriah kembali digelar di kawasan Pelabuhan Makassar, setelah dua tahun terakhir tidak dibuka untuk kegiatan shalat berjemaah akibat pandemi COVID-19.

"Pelaksanaan salat Id kemungkinan pada Senin (2/5) atau mengikuti tanggal yang ditetapkan oleh Pemerintah RI," Ketua Pengurus BKS Rohis Keluarga Besar Perhubungan Sulsel, Riman S Duyo di Makassar dilansir Antara, Sabtu, 30 April.

Dia mengatakan, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar bersama instansi yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Pembina Rohani Islam Keluarga Besar (BKS Rohis) Perhubungan Provinsi Sulsel menyelenggarakan Salat Id di depan gudang 104 dan lapangan  parkir Pelabuhan Makassar.

Disebutkan, jemaah yang ingin melaksanakan salat Id waktunya mulai pukul 06.30 WITA sampai selesai. Bertindak selaku Imam yaitu Ustaz Abd Gaffar, sedang Khatibnya Prof Dr H Lomba Sultan, MA, tema khotbah "Dengan Idul Fitri Kita Meraih Kemenangan Spiritual dan Pengendalian Emosional.

Riman mengatakan, salat Idulfitri tahun ini akan dilakukan di Pelabuhan Makassar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, yakni dengan imbauan agar jemaah tetap menggunakan masker.

Selain akan dihadiri pengurus dan anggota Badan Kerja Sama Pembina Rohani Islam Keluarga Besar Perhubungan Provinsi Sulsel, panitia juga mengundang seluruh masyarakat, utamanya yang berada di sekitar Pelabuhan Makassar untuk ikut melaksanakan Sholat Idul Fitri bersama.

"Khusus jemaah, pass masuk pelabuhan ditiadakan," kata Riman.

Hal ini ditekankan karena pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya, kadang jamaah diberatkan dengan oknum yang memungut parkir secara liar, padahal seyogyanya parkir gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun.

Ada pun pass masuk pelabuhan yang biasa dibayarkan sebelum masuk pelabuhan, pada saat penyelenggaraan salat Id dinonaktifkan bagi para jamaah yang akan masuk untuk sholat.

Setiap tahun BKS Rohis Keluarga Besar Perhubungan Sulsel selalu menggelar salat Id di area Pelabuhan Makassar. Karena itu, pada pelaksanaan tahun ini diupayakan lebih optimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.