Kapolri: H-3 Lebaran Masih Ada 211 Ribu Orang Bakal Mudik
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut sebanyak 211 ribu orang belum melintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama) KM 70. Jumlah itu berdasarkan data prediksi pihak Jasa Marga.

"Tadi kita lihat masih ada prediksi kemungkinan sekitar 211.809 pemudik yang saat ini terlihat kecenderungannya akan mudik," ujar Sigit di KM 70 GT Cikatama, Jumat, 29 April.

Angka tersebut muncul berdasarkan perhitungan kendaraan yang sudah melintas di H-4 Lebaran 2022 dengan prediksi jumlah keseluruhan masyarakat yang bakal mudik.

Di mana, pada H-4 tercatat sebanyak 85 ribu orang atau pemudik sudah melintas di GT Cikatama.

Dengan begitu, dari hari ini hingga beberapa hari ke depan puncak arus mudik akan terjadi. Sehingga, persiapan skema arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan pun akan dimaksimalkan.

"Artinya masih ada 211 ribu orang atau 211 ribu pemudik yang akan melintas. Sehingga mau tidak mau kita perlu melakukan rekayasa kembali," kata Sigit.

Bahkan, dalam penerapan skema arus lalu lintas seperti one way dan contraflow akan disesuai dengan kondisi di lapangan. Artinya, waktu penerapan bisa diperpanjang atau lainnya.