Mulai Ramai, 630 Pemudik Turun di Terminal Mandala Rangkasbitung Banten
Ilustrasi mudik Lebaran. (Antara)

Bagikan:

LEBAK - Pemudik di Terminal Mandala Rangkasbitung Kabupaten Lebak meningkat dari 350 penumpang menjadi 630 penumpang pada H-4 Lebaran 2022 atau Kamis 28 April.

Kepala Terminal Mandala Rangkasbitung, Muksin mengatakan, peningkatan pemudik itu kebanyakan dari wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan ke sejumlah daerah di Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

"Kami berharap pemudik selamat sampai tujuan, terlebih cuaca saat ini cukup ekstrem," katanya di Lebak, Kamis 28 April.

Muksin menyebutkan, peningkatan penumpang di Terminal Mandala Rangkasbitung mulai terjadi pada hari ini. Dia memprediksi puncak arus mudik di terminal tersebut akan berlangsung pada H-2 Lebaran atau Sabtu 30 April.

Muksin menjelaskan, jumlah penumpang kedatangan pada Rabu 27 April sebanyak 350 orang dan H-4 hingga sore tercatat 630 penumpang.

Mengingat prediksi puncak arus mudik di Terminal Mandala Rangkasbitung telah dikantongi pihaknya, Muksin meminta para sopir dan awak bus agar melakukan pemeriksaan ramp check bus antarkota antarprovinsi (AKAP) juga angkutan pedesaan.

"Kami belum menemukan armada bus maupun angkutan padesaan yang tidak laik jalan," ujarnya melansir Antara.

Sementara itu, Rohman, seorang pemudik bertujuan Cileles Kabupaten Lebak mengaku dirinya bersama isteri dan anak merasa senang bisa mudik ke kampung halaman, karena dua tahun lalu dilarang mudik akibat pandemi.

"Kami mudik ke kampung halaman sudah menjalani vaksin booster bersama isteri," ujarnya.