Pemudik Motor Mulai Meriahkan Jalur Pantura Kudus, Puncaknya Diprediksi H-2 Lebaran Saat ASN Libur
Foto via Antara.

Bagikan:

JATENG - Pemudik motor maupun mobil pribadi mulai memadati jalur Pantura Timur, Kudus, Jawa Tengah pada H-4 Lebaran 2023.

"Hasil pantauan hari ini memang masih sepi, namun dibandingkan hari sebelumnya kondisi arus lalu lintas dari hasil pantauan di Pospam Terminal Induk Jati Kudus memang lebih ramai," kata Kepala Pos Pelayanan Lebaran Polres Kudus Iptu Sugiyono ditemui di Posyan Lebaran Terminal Induk Jati, Kudus, Selasa 19 April, disitat Antara.

Ia mencatat pemudik yang melintas tidak hanya didominasi kendaraan roda empat maupun bus, melainkan sudah mulai terlihat kendaraan roda dua meskipun belum banyak.

Peningkatan arus mudik Lebaran, kata dia, diprediksi pada H-2 Lebaran karena Rabu 19 April, baik aparatur sipil negara (ASN) maupun sekolah negeri mulai libur.

"Para pemudik kami ingatkan untuk tetap waspada di jalan, jika kelelahan silakan berhenti sejenak untuk istirahat. Bagi yang melintasi Kudus silakan mampir ke Posko Mudik di depan Terminal Jati Kudus karena tersedia tempat peristirahatan," ujarnya.

Pantauan arus lalu lintas di Jalan Lingkar Selatan Kudus pada Selasa siang, terlihat lebih ramai dibandingkan sebelumnya. Bahkan, kendaraan luar kota, seperti B, N, M, A, S, dan KB mulai terlihat melintas dan di atas kabin juga terdapat barang bawaan sebagai salah satu ciri khas kendaraan pemudik.

Pemudik tersebut, didominasi dari arah Semarang menuju Surabaya, sedangkan dari arah Surabaya menuju Semarang tidak terlalu banyak. Sedangkan pemudik sepeda motor juga mulai terlihat yang ditandai dengan pelat nomor luar kota dan membawa barang bawaan yang cukup banyak.

Arus lalu lintas yang melintasi Kudus terlihat lancar, meskipun masih terlihat truk bersumbu melintas.