Puncak Arus Mudik Lebaran di Pakupatan Serang Diprediksi 26-28 April, Kepala Terminal: Jangan Lupa Vaksin <i>Booster</i>
Ilustrasi arus mudik Lebaran 2022. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Puncak arus mudik di Terminal Pakupatan, Serang, Banten, diprediksi terjadi pada 26-28 April. Saat ini, pemudik yang ingin menuju berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi, mulai ramai.

Kepala Terminal Pakupatan, Waluyo memprediksi lonjakan penumpang setelah pemerintah membolehkan mudik Lebaran.

"Kami memprediksi pada 26 April hingga 28 April 2022 menjadi puncak arus mudik Lebaran," kata Waluyo, seperti dilansir Antara, Sabtu, 22 April.

Waluyo mengatakan, pihaknya mengoperasikan armada bus antar kota sebanyak 150 sampai 200 per hari untuk melayani arus mudik. Jumlah penumpang diperkirakan antara 1.000 hingga 1.500 orang.

Sedangkan, angkutan antarkota dan antarprovinsi (AKAP) disiapkan 400 unit yang beroperasi.

"Semua kondisi armada bus yang melayani pemudik itu layak jalan setelah dilakukan pemeriksaan ramp check, seperti lampu, sen, rem dan ban," tuturnya.

Terminal Pakupatan juga menyiapkan posko vaksin gratis mulai dari 21 April kemarin hingga 29 April mendatang. Ini merupakan kerja sama Kemenhub BPTD VIII Provinsi Banten bersama Dinkes Kota Serang.

Waluyi berharap, pemudik yang belum divaksin bisa mendatangi pos pelayanan vaksinasi tersebut. Pasalnya, salah satu persyaratan perjalanan mudik tahun ini adalah vaksin booster.

Selain itu, ujar Waluyo, Kemenhub BPTD VIII Provinsi Banten bekerja sama dengan TNI-Polri melakukan tes urine untuk sopir dan awak bus guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan menjamin keselamatan para penumpang saat mudik Lebaran.

"Semoga mudik Lebaran tahun ini, berjalan lancar dan kondusif, aman nyaman serta selamat semuanya," jelasnya.