Jalur Lintas Tengah Kabupaten OKU Sumsel Mulai Ramai Pemudik
Sejumlah kenderaan melewati Jalur Lintas Tengah Sumatera di Kabupaten OKU, Sumsel, Selasa (26/4/2022). (ANTARA/Edo Purmana)

Bagikan:

BATURAJA - Jalur Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan mulai ramai dipadati kendaraan pemudik untuk pulang ke kampung halaman pada H-6 Lebaran 2022, Selasa, 26 April.

Berdasarkan pantauan di lapangan, berbagai kendaraan pemudik yang melintas di Jalinteng di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) itu, baik roda dua maupun empat, dari arah Baturaja-Muaraenim maupun sebaliknya.

Kepala Satuan Lalulintas Kepolisian Resor OKU AKP Sutrisman di Baturaja mengatakan keramaian arus mudik diperkirakan akan terus bertambah hingga puncaknya pada H-3 Lebaran atau pada Jumat, 29 April.

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik, pihaknya telah mendirikan sembilan posko pelayanan dan pengamanan yang tersebar di seluruh titik perbatasan Kabupaten OKU dan pusat Kota Baturaja.

Pos-pos pelayanan dan pengamanan ini dijaga oleh petugas gabungan dari TNI/Polri dan instansi terkait untuk melayani para pemudik. Setiap posko juga dapat dijadikan sebagai tempat beristirahat para pemudik.

"Di posko ini tersedia pelayanan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Dinas Kesehatan OKU," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto menambahkan petugas medis di setiap posko siap melayani pemeriksaan kesehatan bagi pemudik, seperti cek tekanan darah, guna memastikan tidak dalam keadaan sakit saat perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

"Setiap posko kami menyiagakan empat orang petugas medis dari Dinas Kesehatan OKU," kata dia.

Terkait dengan pelayanan vaksinasi yang disiagakan untuk para pemudik, ia mengaku hingga saat ini belum ada petunjuk dari pemerintah daerah.

Hanya saja, kata dia, jika dibutuhkan pihaknya siap menyiagakan vaksinator untuk melayani pemudik yang belum divaksin.

"Bila diperlukan akan kami siapkan tim kesehatan di posko mudik untuk melayani vaksinasi bagi para pemudik," katanya.