Cegah Narapidana Kabur saat Libur Lebaran 2022, Kanwil Kemenkumham Sumsel Sudah Siapkan Langkah
Ilustrasi / Pixabay

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan, Harun Sulianto, mewanti-wanti kemungkinan narapidana yang mencoba kabur dengan memanfaatkan momentum libur dan cuti bersama Lebaran 2022.

Untuk itu, Harun menginstruksikan petugas lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) untuk meningkatkan kegiatan pengamanan.

Para petugas juga diminta bersinergi dengan pihak kepolisian/TNI setempat guna mengantisipasi warga binaan pemasyarakatan (WBP) melarikan diri.

Selain itu, pihaknya juga berupaya mengoptimalkan tim khusus pengawasan pada hari libur.

"Waspadai jangan ada WBP yang melarikan diri, menggunakan gawai/HP ilegal, dan mengedarkan narkoba, serta jangan ada pungli di lingkungan lapas dan rutan," ujar Harun, seperti dilansir Antara.

Harum juga meminta kepada petugas di semua UPT/satker mencegah terjadinya kebakaran serta gangguan keamanan dan ketertiban lapas/rutan selama liburan dan cuti bersama Lebaran 2022.

Melalui upaya tersebut, dia berharap tidak terjadi lagi kasus tahanan kabur karena kelalaian petugas melakukan pengawasan/pengamanan lapas dan rutan.

"Saya mengapresiasi petugas dan tim yang telah melaksanakan pengawasan dan monitoring pada hari libur," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, dia juga berharap dapat mencegah dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban serta hal-hal lain, seperti kebakaran.