Belum Ditemui Pihak Istana, Mahasiswa Tiup Peluit dan Serukan: Jokowi <i>Offside</i>
Demo mahasiswa di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah mahasiswa atas nama Aliansi Mahasiswa Indonesia yang terdiri BEM Seluruh Indonesia (BEM SI), BEM Universitas Indonesia (UI), dan beberapa universitas lainnya masih belum bisa menemui Preesiden Jokowi maupun pihak Istana dalam aksi unjuk rasa hari ini.

Di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, beberapa perwakilan kampus menyuarakan orasinya. Peserta aksi duduk mendengarkan orasi tersebut.

Untuk membakar semangat, salah satu orator mengajak massa aksi untuk menyerukan yel-yel yang menyinggung Jokowi.

"Jokowi offside, Jokowi offside, Jokowi offside!" seru peserta aksi yang diiringi tiupan peluit bak wasit sepak bola, Kamis, 21 April.

Mewakili massa aksi, salah satu orator mengaku kecewa karena saat ini Jokowi tidak berada di Istana sehingga mereka tak bisa menyampaikan langsung tujuh tuntutan mahasiswa secara langsung.

"Kita datang ke sini untuk menyuarakan tuntutan kepada bapak presiden, tapi hari ini beliau tidak ada di Istana," ucap Wakil Presiden Mahsiswa Universitas Trisakti, Nihaya.

Berikut tujuh tuntutan mahasiswa dalam aksi hari ini:
1. Tindak tegas para penjahat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden.
2. Turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi.
3. Menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif.
4. Wujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis.
5. Sahkan RUU pro rakyat, tolak RUU pro oligarki.
6. Wujudkan reforma agraria sejati.
7. Tuntaskan seluruh pelanggaran HAM.