Israel Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan Putin-Zelensky, Dubes Ben Zvi: Apa yang Dilakukan Turki, Bisa di Negara Kita
Presiden Rusia Vladimir Putin (Sumber: Kremlin.ru) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Facebook Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy). (Kolase/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Israel mengungkapkan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah, kemungkinan pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Volodymyr Zelensky, sebut Duta Besar Isrel untuk Rusia Alezander Ben Zvi.

"Tentu saja," katanya menanggapi sebuah pertanyaan terkait pertemuan Presiden Putin dengan Presinden Zelensky, melansir TASS 20 April.

"Namun, mereka (Putin dan Zelensky) perlu membuat keputusan," tambah utusan itu.

Lebih jauh ia menerangkan, akan menjadi sebuah kehormatan besar bagi Israel, untuk menjadi tuan rumah dari kemungkinan pembicaraan damai antara Presiden Ukraina dan Presiden Rusia.

"Kami akan dengan senang hati menjadi tuan rumah pertemuan semacam itu di Yerusalem," ujar Ben Zvi.

Tak hanya di tingkat pemimpin negara, Ben Zvi juga menyebut delegasi Rusia dan delegasi Ukraina juga dapat melakukan pertemuan di Yerusalem.

"Apa yang dilakukan di Turki juga bisa dilakukan di negara kita," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Alexander Ben Zvi terus mengatakan, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dan Presiden Rusia Vladimir Putin menjaga kontak rutin satu sama lain.

"Memang, mereka berhubungan secara teratur satu sama lain. Saya tidak bisa mengatakan kapan tepatnya (kontak) mereka akan terjadi," tambah utusan itu.

Diketahui, Presiden Putin dan PM Bennett telah mengadakan beberapa percakapan telepon sejak awal tahun. Selain itu, perdana menteri Israel melakukan kunjungan singkat ke Moskow pada awal Maret. Kedua pemimpin membahas situasi di sekitar Ukraina.