Presiden Erdoğan Tawarkan Ankara atau Istanbul Jadi Lokasi Pertemuan Zelensky - Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin (@KremlinRussia_E)

Bagikan:

JAKARTA - Turki terus mendorong agar konflik Rusia dan Ukraina tidak semakin berlarut-larut. Dibanding sibuk menebar sanksi, Turki kembali menawarkan menjadi tuan rumah bagi pertemuan dua pemimpin negara yang sedang bertarung itu.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan kembali berbicara dengan Vladimir Putin lewat sambungan telepon. Erdoğan kembali juga menawarkan diri kepada Putin supaya jadi mediator perdamaian.

Erdoğan menawarkan dua kota, Ankara atau Istanbul sebagai lokasi pertemuan Putin dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, seperti dikutip dari Daily Sabah, Jumat 18 Maret.

Kepada Putin, Erdoğan bilang tulus dalam coba mencari solusi dari konflik yang berkepanjangan. Apalagi dari sambungan telepon itu, Erdoğan dan Putin berbicara banyak membahas perkembangan terbaru di kawasan itu dan situasi kemanusiaan di lapangan. .

Erdogan juga mengatakan kepada Putin bahwa gencatan senjata permanen akan mengarah pada solusi jangka panjang. Dan dia sangat berharap pembicaraan antara dua pemimpin Ukraina dan Rusia akan membuahkan hasil.

Sehari sebelumnya, Erdoğan juga sudah berbicara melalui telepon dengan Zelensky. Kepada mantan komedian itu, Erdoğan memastikan perang tidak menguntungkan siapa pun.

Dia juga janji akan melanjutkan usahanya untuk membangun dialog antara kedua belah pihak sambil juga menekankan pentingnya koridor kemanusiaan.