Sindir Baliho Firli Bahuri Muncul di Lampung Selatan, Eks Jubir KPK: Fotonya Bagus, Pak
Foto via Twitter Febri Diansyah

Bagikan:

JAKARTA - Baliho bergambar wajah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kembali muncul. Kali ini lokasinya berada di Lampung Selatan, tepatnya di Jalan Natar.

Kemunculan baliho Firli Bahuri ini kemudian disoroti oleh eks Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Melalui akun Twitternya, @febridiansyah, dia mempertanyakan apakah pemasangan baliho itu berkaitan dengan program sosialisasi komisi antirasuah.

"Yth. Pak @firlibahuri. Ada foto Bapak di baliho gede di Lampung Selatan. Udah tahu belum, Pak? Atau apa @KPK_RI ada program sosialisasi ak dg baliho?" tulisnya yang dikutip pada Rabu, 20 April.

Pegiat antikorupsi ini mengatakan dia mendapatkan foto baliho tersebut dari temannya yang sedang bertugas di Lampung Selatan. Di akhir cuitannya, Febri menyindir foto baliho bergambar Firli yang turut diunggahnya.

Ada dua foto baliho yang diunggah Febri. Pertama, baliho berwarna merah dengan gambar Firli berjabat tangan dengan Presiden Jokowi lengkap dengan tulisan, 'Kita berbakti untuk negeri membebaskan NKRI dari korupsi'.

Sementara pada baliho kedua, hanya ada foto Firli Bahuri seorang diri dengan latar belakang warna biru. Ada tulisan di baliho tersebut yaitu, 'Negara telah memberiku segalanya. Kini saatnya aku membayar kembali kepada bangsa dan negara'.

Kedua foto tersebut dilengkapi dengan slogan KPK, 'Berani jujur hebat!'.

"Btw fotonya bagus, pak," ungkap Febri dilengkapi dengan emoticon tersenyum.

Baliho bergambar Firli Bahuri ini bukan kali pertama muncul. Sebelumnya, pemasangan baliho serupa juga pernah terjadi di sebuah jalan tol dan akhirnya dicopot setelah jadi sorotan.

Terkait pemasangan baliho tersebut, Firli saat itu mengaku tak tahu menahu. Hal ini disampaikannya melalui akun Twitternya, @firlibahuri.

"Terus terang saya tidak tau siapa dan di mana itu semua dipasang," tulisnya pada Sabtu, 19 Februari lalu.

Sementara Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri mengatakan KPK tak pernah mengeluarkan anggaran pemasangan baliho tersebut. Apalagi, selama ini tak ada pengadaan yang dilakukan.

"KPK memastikan tidak pernah melakukan pengadaan maupun pembiayaan dalam anggaran negara atas pemasangan billboard tersebut," kata Ali melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 19 Februari.

Ali bahkan mengatakan setelah ramai foto baliho itu di media sosial, tim Inspektorat KPK langsung melakukan pengecekan. Hasilnya, baliho bergambar wajah Firli itu tak lagi ditemukan.

"Tim Inspektorat KPK juga telah melakukan pengecekan di lokasi dan sudah tidak ditemukan billboard dimaksud," tegasnya.