M. Taufik Resmi Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI 26 April
Rapat Badan Musyawarah DPRD DKI/Foto: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menetapkan jadwal pemberhentian Mohamad Taufik dari jabatan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta pada Selasa, 26 April mendatang.

Hal ini disepakati dalam rapat Badan Musyawarah DPRD DKI yang dipimpin Prasetyo pada hari ini. Dengan demikian, pekan depan M. Taufik resmi digantikan oleh Rani Mauliani sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Sebelumnya, Rani mengemban jabatan sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI. Saat menjabat sebagai pimpinan DPRD, jabatannya sebagai ketua fraksi akan digantikan oleh anggota Fraksi Gerindra lain.

"Dapat disepakati bahwa jadwal pengumuman pemberhentian Wakil Ketua DPRD DKI Provinsi DKI Jakarta Haji Mohamad Taufik dan pengangkatan calon pengganti Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Hajah Rani Mauliani dari Fraksi Gerindra," tutur Prasetyo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 19 April.

"Untuk itu, saya tanyakan sekali lagi, apakah dapat disetujui?" tanya Prasetyo kepada anggota Bamus yang hadir.

Semua anggota menyatakan persetujuannya dan Prasetyo pun mengetuk palu sebagai tanda pengesahan penjadwalan rapat paripurna pergantian Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra pekan depan.

Sebelumnya pada 1 April 2022, Gerindra mengaku mencopot Taufik dari jabatan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Hal ini diungkapkan Ketua DPD Gerindra DKI Ahmad Riza Patria setelah sebelumnya sempat membantah kabar yang telah beredar sejak pertengahan bulan Maret lalu.

Taufik sendiri pernah menanggapi terkait keputusan DPP Gerindra yang disampaikan DPD Gerindra DKI ke DPRD DKI ini. Menurutnya, jika pencopotannya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI merupakan keputusan partai, ia tak akan membantah.

"Ya enggak apa-apa (dicopot). Kalau memang itu keputusan organisasi, saya enggak akan bantah," ungkap Taufik beberapa waktu lalu.