M. Taufik Akui Bakal Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI: Ya Enggak Apa-apa
M Taufik DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Mohamad Taufik mengaku DPD Partai Gerindra DKI Jakarta akan memberhentikan dirinya dari jabatan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Kabar ini Taufik terima langsung dari Ketua DPD Gerindra DKI Ahmad Riza Patria.

"Ya, Pak Ariza sih udah ngomong (dicopot dari jabatan Wakil Ketua DPRD DKI)," kata Taufik saat dihubungi, Jumat, 1 April.

Berdasarkan informasi yang diterima VOI, Partai Gerindra telah mengeluarkan surat usulan kepada Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi terkait pencopotan Taufik sebagai Wakil Ketua DPRD DKI.

Namun, Taufik mengaku dirinya belum menerima surat pemberhentian tersebut. Hanya saja, ia mengaku Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra akan digantikan oleh Ketua Fraksi Gerindra DKI Rani Mauliani.

"Yang saya dengar sih penggantinya Ketua Fraksi Gerindra. Ya enggak apa-apa (dicopot). Kalau memang itu keputusan organisasi, saya enggak akan bantah," ungkap Taufik.

Sebelumnya, kabar pencopotan Taufik dari jabatan pimpinan DPRD DKI ini telah berkembang sejak pertengahan Maret lalu. Namun, Ketua DPD Gerindra DKI Ahmad Riza Patria saat itu masih mengaku belum ada rencana pergantian.

"Di Gerindra sendiri belum ada (rencana pergantian). Nanti kalau ada perkembangan, kami kabari. Terkait pergantian, yang ada Pak Suhaimi dari PKS," kata Riza di Balai Kota DKI, Rabu, 16 Maret.

Sebagaimana diketahui, Taufik menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI periode 2014-2019 dan 2019-2024. Dalam struktur partai, Taufik menjabat Ketua Dewan Pembina DPD Partai Gerindra DKI Jakarta sejak April 2020 lalu.

Saat Pilkada DKI 2017, Gerindra mengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno hingga terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kini, jabatan Wakil Gubernur DKI diemban Ahmad Riza Patria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra DKI.

Beberapa waktu terakhir, Taufik menggaungkan sikap politiknya untuk Pemilu 2024 mendatang. Taufik pernah mengaku dirinya mendukung mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang merupakan kader Golkar sebagai kandidat Cagub DKI Jakarta.

Taufik juga sempat mendoakan Anies Baswedan menjadi Presiden RI dalam acara pelantikan Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jaya periode 2022-2027 di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat.

Pernyataan Taufik mengejutkan sejumlah pihak. Sebab, Gerindra sudah menyatakan sikap akan kembali mengusung Prabowo Subianto untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024.