Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi pop Korea Selatan Daud Kim menggugah fotonya saat berdiri di depan Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, di tengah ibadah Umrah yang dilakukannya sejak hijrah tahun 2019 silam.

Bintang K-pop itu membagikan momen saat berada di dua masjid sucu di Makkah dan Madinah, serta sejumlah momen lainnya yang dilakukan selama Ramadan di Arab Saudi melalui laman Instagramnya.

Dia mengunggah foto dirinya dalam ihram, pakaian yang dikenakan untuk melakukan umrah oleh laki-laki, dan menulis: "Saya adalah orang yang paling beruntung karena Allah (SWT) telah memilih saya dan Allah telah membawa saya ke sini. Terima kasih kepada Allah karena memberi saya kesempatan untuk datang ke kota tersuci di dunia," seperti melansir The National News 17 April

Sebelumnya, Daud juga mengunggah foto dirinya di Madinah, tepatnya saat berada di Masjid Nabawi pekan lalu, sambil mengucapkan 'Ramadhan Mubarak' kepada para pengikutnya.

Terkenal sebagai Jay Kim, ia mengubah namanya menjadi Daud Kim seiring dengan pilihan untuk memeluk Islam dan diumumkan di saluran YouTube miliknya tahun 2019 lalu.

Pada Hari Jumat lalu, dia mengunggah beberapa video dan foto dia berbuka puasa dengan penduduk setempat di Jeddah di Insta Story-nya. Dia mengatakan itu adalah buka puasa terbaik dalam hidupnya dan dia menyukai berbuka puasa bersama sebagai 'satu keluarga'.

Sehari sebelumnya pada Kamis malam, Daud menulis di Instagram-nya, dia merasa diserang oleh orang-orang di media sosial karena memilih agama lain. Tetapi, itu membuat 'keyakinannya lebih kuat' dan bahwa dia 'tidak akan pernah menyerah'.

Dia mengungkapkan, perjalanannya ke Indonesia beberapa tahun yang lalu menginspirasi rasa ingin tahu dalam dirinya, untuk belajar tentang Islam ketika dia bertemu dengan 'Muslim yang baik hati' dan wanita Muslim bercadar, yang membantu menghancurkan stereotip penindasan yang melekat pada jilbab.

"Saya berpuasa satu bulan penuh di Bulan Ramadan. Saya belajar tentang kehidupan Nabi (SAW) dan mengumpulkan semuanya sedikit demi sedikit," tandasnya.

Saat menerima Islam, Daud berkata: "Saya akhirnya tahu bahwa Allah adalah tujuan perjalanan saya. Islam adalah berkah terbesar dan hadiah terbesar dalam hidup saya."