Perdana, 30 Ribu Lampu Hiasi London Sambut Bulan Ramadan, Wali Kota Sadiq Khan: Simbol Keberagaman Kami
Lampu hias di London untuk menyambut Ramadan 1444 H. (Twitter @MayorofLondon)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, kawasan West End London, Inggris diterangi dengan 30.000 lampu untuk menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan, tepatnya di Coventry Street, yang menghubungkan Leicester Square dengan Piccadilly, diterangi dengan tulisan 'Happy Ramadan'.

Lampu-lampu tersebut dinyalakan oleh Wali Kota London, Sadiq Khan, yang merupakan salah satu dari 1,3 juta Muslim di London yang merayakan Ramadan, pada Hari Selasa petang.

"Untuk pertama kalinya, West End diterangi oleh tampilan lampu yang indah untuk menandai Bulan Suci Ramadan," tulis Wali Kota Khan di akun Twitter-nya, seperti dikutip 22 Maret.

"Merupakan sebuah kehormatan untuk menyalakannya secara resmi malam ini menjelang dimulainya Bulan Ramadan," sambungnya.

"London kini menjadi kota besar pertama di Eropa yang menjadi tuan rumah pertunjukan lampu spektakuler untuk menandai Ramadan. Ini adalah simbol nyata bagaimana ibu kota kami merayakan keberagaman kami," tulisnya dalam cuitan terpisah.

sadiq khan
Wali Kota London Sadiq Khan dengan latar belakang lampu hias Ramadan. (Twitter @MayorofLondon)

Tampilan ini diorganisir oleh Ayshea Desai, yang terinspirasi oleh kesukaannya pada lampu Natal.

"Saya hanya berambisi untuk melakukannya seperti lampu-lampu Natal. Saya ingat saat mengunjungi lampu Natal bersama saudara perempuan saya ketika masih kecil. Saya juga berkesempatan untuk tinggal di Timur Tengah. Saya ingin membawa kegembiraan dan keajaiban tersebut ke London, kota tempat saya berasal," jelasnya seperti melansir BBC.

Lebih jauh Desai mengungkapkan, ia memulai proyek ini tiga tahun yang lalu.

"Ini terlihat luar biasa, saya sangat terkejut dengan respon yang diberikan.Ini adalah bulan yang sangat penting bagi umat Islam," jelas Desai.

"Saya ingin meningkatkan kesadaran itu, juga untuk memberi tahu tetangga kami bahwa ini adalah bulan yang sangat penting bagi kami. Ini adalah bulan favorit saya sepanjang tahun dan saya bersyukur bahwa kami berada di sini hari ini," paparnya.

Diketahui, sejumlah kegiatan akan digelar selama Ramadan tahun ini di London. Acara buka puasa bersama akan diadakan di Victoria and Albert Museum di Kensington selatan, di mana masjid pop-up dan paviliun Ramadan didirikan untuk umat Muslim maupun non-Muslim.

Sementara, klub sepak bola Chelsea juga akan mengadakan acara buka puasa bersama di sisi lapangan di Stamford Bridge, yang merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh klub dan stadion Premier League. Rencananya, Stadion Wembley juga akan melakukan hal yang sama di akhir bulan.