Pemkot Makassar Siapkan Anggaran Rp60 Miliar untuk THR ASN
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan anggaran hingga Rp60 miliar untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri 1443 Hijriah bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN) lingkup Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan.

"Sepertinya tidak beda seperti tahun lalu, sekitar Rp50 miliar sampai Rp60 miliar," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar, Muhammad Dakhlan dikutip Antara, Selasa, 12 April.

Namun demikian, spesifikasi pencairan THR bagi ASN, kata dia, masih menunggu petunjuk teknis (juknis) serta aturan dari Peraturan Pemerintah (PP) dan tindak lanjut dari Peraturan Wali Kota berkaitan dengan THR.

"Kita upayakan nanti mungkin satu pekan sebelum Lebaran. Ada anggarannya, satu bulan gaji. Spesifikasinya, nanti kita lihat juknis, belum turun PP," papar Dakhlan.

Menurutnya, anggaran telah tersedia, tetapi pencairan belum bisa dipastikan, sebab menunggu regulasi dan juknis pelaksanaan pencairan THR.

Selain THR, Pemkot Makassar juga berencana mencairkan dana Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN dalam waktu dekat. Mengingat, belum dibayar selama tiga bulan terakhir.

Keterlambatan pencairan TPP tersebut, kata Dakhlan, disebabkan adanya perubahan regulasi terkait administrasi keuangan.

Dakhlan menambahkan, keterlambatan pencairan TPP itu karena adanya perbaikan data, menyusul perubahan regulasi perihal administrasi keuangan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

"Sudah sepekan kami serahkan dokumen perbaikannya ke Pusat dan sudah ada surat persetujuan dari Kemendagri, jadi sudah jelas TPP akan kami bayarkan segera," ujarnya.