Usut Aliran Dana, Bareskrim "Sikat" Orang Terdekat Indra Kenz
Indra Kenz/Foto: VOI

Bagikan:

JAKARTA - Bareskrim Polri terus mengembangkan kasus investasi bodong berkedok trading Binomo dengan tersangka, Indra Kesuma alias Indra Kenz. Teranyar, penyidik menetapkan tiga tersangka sekaligus.

Ketiga tersangka itu merupakan orang-orang terdekat Indra Kenz. Mulai dari adik hingga kekasihnya.

Vanessa Khong

Dari ketiga tersangka, satu di antaranya adalah Vanessa Khong. Dia merupakan kekasih Indra Kenz.

Sebelum ditetapkan tersangka, Vanessa sempat dimintai keterangan penyidik Direktorat Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri, beberapa waktu lalu. Pemeriksaan itu berkaitan dengan aliran dana.

Namun, tepat pada Minggu, 10 April, status wanita itu ditingkatkan dari saksi menjadi tersangka.

"Terdapat aliran dana dari tersangka IK dan membantu untuk menempatkan atau menyamarkan dana atau menyembunyikan dana hasil dari kejahatan yang dilakukan tersangka IK," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan dalam keterangannya, Minggu, 10 April.

Namun, sampai saat ini belum dijelaskan secara rinci perihal nominal aliran dana yang diterima ketiganya.

Hanya saja, khusus untuk Vanesaa, diduga mengenai pemberian uang Rp2 miliar. Sebab, kabar pemberian uang itu santer terdengar belakangan ini.

Dalam kasus ini, mereka disangkakan Pasal 5 dan atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan Pasal 55 Ayat 1e KUHP.

Bakal Diperiksa

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, ketiganya belum ditahan. Sebab, mereka baru akan dimintai keterangan.

Rencananya, penyidik akan memeriksa ketiganya pada pekan ini. Tentu pemeriksaan itupun juga akan menentukan keputusan bakal dilakukan penahanan atau tidak.

"Ketiganya akan diperiksa sebagai tersangka pada Kamis, 14 April," ungkap Whisnu.

Total Tersangka

Dengan penembahan ini, secara keseluruhan ada 7 orang yang sudah berstatus tersangka, termasuk Indra Ken.

Sementara untuk yang lainnya yakni, Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich, Brian Edgar Nababan, dan Wiky Mandara Nurhalim.

Untuk Fakar, dia berperan sebagai guru atau mentor dari Indra Kenz. Selain itu, dia juga afiliator Binomo.

Kemudian, Brian berperan sebagai Development Manager Binomo. Dia juga yang merekrut Indra Kenz dan Fakar sebagai afiliator.

Sedangkan, Wiky berperan mengelola grup Telegram berbayar Indra Kenz. Di mana, dalam grup itu Indra Kenz mengajarkan cara trading di Binomo untuk meyakinkam membernya.

"Penyidik telah menetapkan tujuh orang tersangka," kata Whisnu.

Terkait