Kemnaker: Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Gandeng Kampus Percepat Pembangunan Ketenagakerjaan
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi saat berkunjung Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi mendorong Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh menggandeng berbagai pihak untuk mempercepat pembangunan ketenagakerjaan.

"Kemenaker sudah mengembangkan Forum Komunikasi Perguruan Tinggi untuk Ketenagakerjaan (Forkomtinag). Saya harap kampus Unsyiah dan kampus swasta-swasta lainnya dapat bergandengan tangan karena memiliki visi yang sama," ujar Anwar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu 10 April.

Hal itu disampaikan Anwar saat menyambangi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh, yang terletak di Jalan Kesatria Gampong Geuceu Komplek, Banda Raya, Kota Banda Aceh.

Selain menggandeng Bank Indonesia perwakilan Banda Aceh, BPVP Banda Aceh juga dapat bersinergi dengan perusahaan BUMN seperti PT Pupuk Iskandar Muda, dan kampus Universitas Syah Kuala, Banda Aceh.

Terkait reformasi birokrasi, Anwar Sanusi mendorong BPVP Banda Aceh mengoptimalkan kios SIAPkerja menjadi bagian penting untuk mendukung ekosistem ketenagakerjaan. Artinya seseorang yang telah mengikuti pelatihan, selain mengerti juga memiliki kemampuan wirausaha, karena di kios SIAPkerja ada tempat untuk saling mengembangkan inkubasi bisnis.

"Saya dorong reformasi BLK semakin berjalan dan saya berharap BPVP Aceh memiliki kontribusi besar yang selalu dikenang masyarakat Aceh sekaligus menaruh harapan dan meyakini Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh menjadi tempat yang sangat penting," kata Anwar dikutip Antara.