Tragedi Pembunuhan di Bucha Ukraina, Saksi Sebut Tentara Chechen dan Tembakan di Kepala
Kondisi di Bucha, Ukraina setelah ditinggal tentara Rusia. (Wikimedia Commons/President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah tali diikatkan di kakinya dan lubang hangus di dahinya, seorang pria mati terbaring di semak-semak dekat rel kereta api di pinggiran kota Bucha, Ukraina.

Sosok yang menghantui, dagingnya kuning pucat seolah-olah patung lilin, terletak dikelilingi oleh daun-daun coklat yang jatuh. Hanya beberapa meter (meter) jauhnya, mayat korban lainnya tergeletak di semak-semak.

"Jangan sentuh mayatnya. Mungkin ada ranjau," kata seorang polisi, yang menunjukkan tempat di mana mayat itu tergeletak, tetapi meminta untuk tidak disebutkan namanya, melansir Reuters 7 April.

Bucha, 37 km (23 mil) barat laut Kyiv, diduduki oleh pasukan Rusia selama lebih dari sebulan setelah invasi 24 Februari ke Ukraina. Ketika pasukan Rusia mundur pekan lalu, mereka meninggalkan warga sipil yang tewas di jalan-jalan Bucha, di dalam gedung dan dikubur di kuburan dangkal.

Pejabat setempat mengatakan lebih dari 300 orang dibunuh oleh pasukan Rusia di Bucha saja. Dari jumlah tersebut, sekitar 50 dari mereka dieksekusi.

Polisi itu mengatakan penduduk Bucha telah mengubur lima mayat lagi di bawah gundukan tanah tak bertanda yang Reuters lewati di dekatnya. Reuters tidak dapat segera memverifikasi akunnya.

Sejak mencapai Bucha pada Hari Minggu, Reuters telah menyaksikan sisa-sisa setidaknya lima korban yang ditembak di kepala. Yang satu tangannya diikat ke belakang.

Pria yang terbunuh yang dilihat Reuters pada hari Rabu, mengenakan celana jins biru dan jaket musim dingin hitam, tergeletak 100 meter dari kuburan kecil. Reuters tidak dapat mengidentifikasi pria itu atau menentukan siapa yang telah membunuhnya.

Saksi di kota telah menceritakan detail dari apa yang mereka katakan sebagai beberapa pembunuhan ekstra-yudisial lainnya di tangan orang Rusia. Reuters tidak dapat memverifikasi mereka secara independen.

Pemerintah Ukraina menuduh Rusia melakukan genosida dan kejahatan perang. Kremlin menolak tuduhan itu sebagai propaganda dan mengatakan pasukannya tidak menargetkan warga sipil.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan kepada Dewan Keamanan pada Hari Selasa, tuduhan pelecehan itu bohong. Dia mengatakan, sementara Bucha berada di bawah kendali Rusia "tidak ada satu pun warga sipil yang menderita akibat kekerasan apa pun."

presiden zelensky saat meninjau Bucha
Presiden Volodymyr Zelensky saat meninjau kondisi di Bucha. (Wikimedia Commons/President.gov.ua)

Pada Hari Minggu Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, semua foto dan video yang diterbitkan oleh otoritas Ukraina yang menuduh kejahatan oleh pasukan Rusia di Bucha, adalah "provokasi."

Dalam insiden lain di dekatnya, pekerja bangunan Eduard Karpenko menceritakan bagaimana dia melihat salah satu tetangganya berbaris untuk ditembak oleh seorang tentara Rusia.

Dia mengatakan, korban, Oleksandr Yeremich, adalah anggota Pasukan Pertahanan Teritorial berusia 43 tahun, cadangan militer angkatan bersenjata Ukraina. Karpenko menunjukkan kepada Reuters salinan paspor pria itu, tetapi kantor berita tersebut tidak dapat memverifikasi secara independen rincian lain dari akunnya.

Karpenko mengatakan pria itu digiring dari dekat rumahnya oleh seorang tentara yang menurut dua tentara Rusia berasal dari Chechnya, sebuah wilayah di Rusia selatan yang telah mengerahkan pasukan ke Ukraina untuk mendukung Rusia.

Prajurit itu menggiring pria itu agar tidak terlihat, ke ujung pagar kayu yang mengapit kayu, dan kemudian empat tembakan terdengar, kata Karpenko.

"Mereka membawanya ke ujung gerbang dan menembaknya, dengan tembakan terakhir di kepala," kata Karpenko, mengangkat tangannya seolah-olah sedang digiring.

Dua pria di samping Karpenko, yang menolak disebutkan namanya, membenarkan bahwa mereka juga melihat Yeremich dibawa pergi dan mendengar suara tembakan.

Karpenko mengatakan, dia dan kedua pria itu telah menunggu seperti yang diperintahkan oleh tentara Rusia sampai malam tiba, sebelum keluar untuk mengambil mayatnya.

"Kami menutupinya dengan selimut, lalu dengan yang lain, dan menyeretnya ke kuburan. Darahnya banyak sekali," ungkap Karpenko.

Dia mengatakan mayat itu dimakamkan di dekatnya di sebuah taman, tempat yang ditandai dengan tiang kayu panjang dan bingkai logam berbentuk seperti peti mati, yang dilihat oleh Reuters.

Karpenko dan dua pria lainnya menggantungkan topi bisbol di dahan di lokasi di mana mereka mengatakan penembakan itu terjadi.

Sebelumnya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov, sekutu Presiden Putin, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 26 Februari, pasukan Chechnya akan berperang di Ukraina sebagai bagian dari "operasi militer khusus" Rusia untuk demilititerisasi. Reuters tidak dapat menentukan apakah mereka beroperasi di Bucha.