Warga Bucha Sebut Pasukan Rusia Tiba 27 Februari: Sita Tiga Apartemen untuk Pos Komando, Korban Tewas Dipukuli dan Ditembak
Korban tewas di dalam mobil di Kota Bucha, Ukraina. (Wikimedia Commons/npu.gov.ua./National Police of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Terletak di lingkungan yang tenang dan dikelilingi pepohonan di kota Bucha, Ukraina, sebuah kompleks apartemen di jalan Vodoprovidna memiliki tepian yang dipangkas rapi dengan trotoar pejalan kaki.

Nomor 34a Vodoprovidna adalah salah satu kapling bangunan apartemen modern yang kembali ke taman kanak-kanak. Penduduknya sebagian besar adalah kelas menengah: Vasyl Nedashkivskiy, yang memasang jendela PVC, tinggal di lantai lima bersama istrinya, Tetyana dan anjing mereka, Nika. Penduduk lainnya adalah seorang psikolog anak dan yang ketiga, Oleksii Tarasevich, seorang insinyur nanoteknologi.

Tentara Rusia tiba di alamat itu tepat setelah tengah hari pada tanggal 5 Maret, menurut Tarasevich, yang menyimpan buku harian dan rekaman video dan foto dari apa yang dilihatnya dari jendela apartemennya. Dia berbagi gambar dan rekaman dengan Reuters, yang memverifikasi bahwa mereka diambil selama periode waktu yang relevan.

Sebulan kemudian, Nedashkivskiy yang berusia 47 tahun dan penduduk lokal lainnya tewas. Tubuh mereka yang dimutilasi ditemukan di tangga bawah tanah sebuah bangunan di kompleks itu, sementara banyak penghuni kompleks telah melarikan diri. Di tempat parkir warga, sebuah SUV Renault Captur dan sedan Audi tergeletak terbalik.

Catatan oleh setidaknya selusin warga kompleks itu melukiskan, gambaran kekerasan dan intimidasi oleh para tentara saat mereka berada di lingkungan itu. Nedashkivskiy telah dipukuli habis-habisan saat tidak bersenjata, menurut istrinya dan Tarasevich.

Istri Nedashkivskiy, Tetyana, mengatakan kepada Reuters, tentara Rusia menemukan senapan otomatis tersembunyi di apartemen mereka setelah pemukulannya pada pertengahan Maret.

Dia mengatakan seorang tentara memberitahunya bahwa pasukan Rusia kemudian membawa suaminya ke lokasi yang dirahasiakan untuk diinterogasi. Dua minggu kemudian, setelah pasukan Rusia mundur, para tetangga menemukan mayat Nedashkivskiy, kata Tetyana.

Sebuah foto tubuh Nedashkivskiy yang ditinjau oleh Reuters menunjukkan wajah dan tangannya telah dihancurkan dengan apa yang tampak seperti alat tumpul, melansir Reuters 8 April.

Pria kedua ditemukan tewas pada 1 April di tempat yang sama di mana tubuh Nedashkivskiy ditemukan, menurut Tetyana. Bekas pada tubuh pria kedua, yang terlihat oleh Reuters dua hari kemudian, menunjukkan bahwa dia telah dipukuli dan ditembak melalui mulut dari jarak yang sangat dekat.

Laporan saksi dan video yang dikumpulkan oleh Reuters juga menunjukkan, tentara Rusia khawatir meskipun tidak ada kehadiran militer Ukraina yang terlihat di dalam Bucha mulai awal Maret, mereka masih bisa menjadi sasaran drone atau oleh kombatan yang disembunyikan di antara penduduk.

Video menunjukkan tentara dengan perlengkapan tempur lengkap dengan senjata terkokang, dengan Tarasevich mengatakan mereka mengambil selimut dari apartemen untuk menyamarkan kendaraan mereka, dan tampak ketakutan dan gelisah.

Akun-akun tersebut juga mengungkapkan tindakan pembangkangan oleh warga yang membenci penjajah yang menduduki kota dan kompleks apartemen mereka.

bucha
Pasukan Ukraina melintas di antara reruntuhan Kota Bucha. (Wikimedia Commons/President.gov.ua)

Bucha terletak sekitar 30 kilometer barat laut dari pusat ibukota Ukraina, Kyiv. Tarasevich mengatakan, sebelum tentara Rusia mencapai kota, dia dan Vasyl Nedashkivskiy telah membantu anggota pasukan pertahanan teritorial Ukraina, yang terdiri dari sukarelawan sipil, membangun barikade di dekat kota satelit Irpin di Kyiv.

Tarasevich mengatakan dia bukan anggota pasukan pertahanan teritorial. Nedashkivskiy juga tidak, menurut istrinya. Petugas pertahanan teritorial di Bucha mengajukan pertanyaan kepada wakil walikota, yang tidak segera menanggapi permintaan komentar. Nomor lokal untuk pasukan pertahanan juga tidak terjawab.

Bahkan jika Nedashkivskiy anggota pasukan pertahanan teritorial Ukraina, pembunuhan gaya eksekusi masih akan dianggap sebagai kejahatan perang potensial di bawah Konvensi Jenewa tahun 1949, yang menetapkan standar hukum untuk perlakuan kemanusiaan dalam konflik.

Suatu tindakan individu naik ke tingkat kejahatan perang, jika telah dilakukan sebagai bagian dari rencana atau kebijakan yang lebih luas, dilakukan dalam skala besar selama konflik. Serangan dengan kekerasan terhadap warga sipil, misalnya, dapat dianggap sebagai kejahatan perang jika terbukti disengaja atau tidak pandang bulu.

Tentara Rusia mulai mencapai Bucha pada 27 Februari, kata penduduk setempat, seminggu sebelum kedatangan mereka di kompleks di jalan Vodoprovidna. Di sana, mereka menyita tiga apartemen di salah satu bangunan, yang mereka gunakan sebagai pos komando, dan juga menggunakan ruang bawah tanah, kata Tarasevich. Pasukan memarkir pengangkut personel lapis baja dan truk militer di halaman kompleks apartemen, gambar yang direkam oleh Tarasevich menunjukkan.

Sekitar 3.700 warga sipil tinggal di Bucha setelah Rusia tiba, kata walikota kota itu, atau sekitar sepersepuluh dari populasi kota.

Pasukan memerintahkan warga untuk mengenakan pita putih di lengan mereka untuk mengidentifikasi mereka sebagai warga sipil, delapan warga mengatakan kepada Reuters. Para prajurit menerapkan jam malam setiap malam, menurut Tarasevich dan Tetyana.

Tentara menggeledah apartemen, meninggalkan tanda tulisan tangan di pintu yang mengatakan dalam bahasa Rusia: "Diperiksa," kata Tarasevich. Saat menemui apartemen kosong, terkadang mereka mengambil isinya, tambahnya. Satu foto yang dia bagikan kepada Reuters menunjukkan, sebuah truk lapis baja yang diparkir di luar dengan apa yang tampak seperti tas olahraga sipil diikat ke atap.

kondisi bucha
Presiden Zelensky saat meninjau kondisi di Bucha. (Wikimedia Commons/President.gov.ua)

Para prajurit juga memerintahkan penduduk setempat untuk menyerahkan telepon genggam mereka, setidaknya 20 warga Bucha mengatakan kepada Reuters. Tarasevich mengatakan dia memberi tentara itu telepon tua yang rusak.

Ponselnya yang sebenarnya disembunyikan di bawah ibunya yang sudah lanjut usia, yang tinggal bersamanya. Dia mengatakan dia memberi tahu tentara bahwa dia terlalu lemah untuk bangun, jadi mereka tidak menggeledah tempat tidurnya.

Tarasevich mengatakan dia menyimpan amunisi di apartemennya yang dia keluarkan dari kendaraan militer Rusia yang rusak pada 27 Februari, setelah diserang oleh pasukan Ukraina. Dia mengatakan dia telah merencanakan untuk menyerahkan mereka ke pasukan Ukraina, tetapi tidak berhasil sebelum Rusia tiba di kompleks itu.

Pada malam 17 Maret, Vasyl Nedashkivskiy tiba di pintu masuk gedungnya beberapa menit setelah jam 5 sore. jam malam, menurut istrinya dan Tarasevich, yang apartemennya berada di lantai yang sama dengan apartemen pasangan itu. Mereka mengatakan Nedashkivskiy tidak mengenakan pita lengan putih yang diwajibkan oleh tentara Rusia.

Keduanya mengatakan kepada Reuters bahwa mereka mendengar suara yang meninggi dari lantai dasar. Seorang tentara datang ke apartemen Tarasevich dan mengarahkan senjatanya ke arahnya, memerintahkannya untuk turun, menurut Tarasevich.

Tarasevich mengatakan dia melihat Nedashkivskiy terbaring tak bergerak di tanah dalam genangan darah, dengan setidaknya tiga tentara berdiri di atasnya. Wajah Nedashkivskiy berlumuran darah, dan beberapa gigi tergeletak di tanah. Seorang tentara memerintahkan Tarasevich untuk membangunkan Nedashkivskiy.

Ketika dia memprotes, tentara itu mengacungkan senjatanya ke arahnya dan mengancamnya secara lisan, menurut Tarasevich, yang merinci akunnya dalam kesaksian yang ditandatangani yang ditinjau oleh Reuters yang dia katakan dia berikan kepada kantor kejaksaan setempat. Baik kantor kejaksaan di Kyiv maupun cabang setempat tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tarasevich mengatakan dia membantu Nedashkivskiy ke bangku di dekat pintu masuk gedung. Para prajurit kemudian mengirim Tarasevich kembali ke apartemennya.

Sekitar dua jam kemudian, menurut Tarasevich, dia mendengar suara di lantai dan melalui teropong di pintunya melihat Nedashkivskiy, dengan beberapa tentara, masuk ke apartemen pasangan itu.

Menurut istri Nedashkivskiy, para tentara kemudian menemukan senjata otomatis, yang disembunyikan di bawah televisi. Dia mengatakan suaminya memperolehnya ketika, sebelum pasukan Rusia tiba, kenalannya yang bertugas di pertahanan teritorial Ukraina telah pergi jika ada untuk diamankan.

Tentara membawa pasangan itu ke pos komando, di gedung 33b, kata Tetyana. Di sana, seorang tentara memukul suaminya dengan gagang senjatanya, tambahnya. Tetyana mengatakan dia dibawa ke sebuah kamar, kamar tidur anak-anak, di mana dia tertidur. Ketika dia bangun, suaminya sudah pergi.

Seorang tentara mengatakan kepadanya bahwa dia telah dibawa untuk diinterogasi di markas besar unit, tanpa mengidentifikasi lokasinya, menurut Tetyana. Reuters, selama kunjungan ke gedung Kamis, mengamati tetesan darah kering di lantai dan dinding yang mengarah keluar dari pos komando di mana dia mengatakan mereka telah dibawa, dan menuruni tangga.

Setelah empat hari ditahan di posko, Tetyana mengatakan tentara mengizinkannya pulang. Mayat suaminya ditemukan sekitar seminggu kemudian, pada tanggal 1 April, di tangga menuju ke ruang bawah tanah gedung yang menampung pos komando.

Dia mengatakan suaminya telah menolak untuk tunduk pada kehendak tentara Rusia. "Vasya tidak mengenakan pita lengan putih," katanya, menggunakan versi penuh kasih dari nama depannya. "Dia berkata: 'Saya di tanah Ukraina. Saya orang Ukraina'."

bucha
Situasi di Bucha. (Wikimedia Commons/Ministry of Digital Development/Mikhail Fedorov)

Kremlin dan kementerian pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan rinci untuk mengomentari kematian kedua pria itu, peristiwa di kompleks apartemen yang digambarkan oleh penduduk dan tuduhan Ukraina tentang pembunuhan warga sipil Rusia di Bucha.

Rusia membantah sengaja menargetkan warga sipil setelah invasi 24 Februari ke Ukraina. Moskow meluncurkan apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina, yang bertujuan untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina. Ukraina dan Barat mengatakan invasi itu ilegal dan tidak dapat dibenarkan.

Diketahui, sejak pasukan Rusia ditarik kembali dari Bucha pekan lalu, para pejabat Ukraina mengatakan ratusan warga sipil telah ditemukan tewas. Wali Kota Bucha mengatakan puluhan orang menjadi korban pembunuhan di luar proses hukum yang dilakukan oleh tentara Rusia. Reuters tidak dapat memverifikasi angka-angka itu secara independen.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pada konferensi pers pada Hari Rabu, gambar yang dimaksudkan untuk menunjukkan warga sipil yang tewas di Bucha adalah palsu dan diterbitkan untuk membenarkan sanksi lebih lanjut oleh Barat terhadap Moskow, "untuk memperumit, jika tidak sepenuhnya mengganggu, (perdamaian) pembicaraan."