Presiden Zelensky Singgung Keputusan Tahun 2008 saat Bahas Pembantaian Bucha, Angela Merkel Bela Pilihannya
Presiden Volodymyr Zelensky bersama Angela Merkel. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента Российской Федерации)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan kanselir Jerman Angela Merkel pada Hari Senin membela keputusannya tahun 2008, untuk memblokir Ukraina agar tidak segera bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Angela Merkel menolak kritik Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, karena invasi Rusia mengaburkan warisannya selama 16 tahun.

Presiden Zelenskyy menggambarkan keputusan dalam KTT NATO yang dipimpin oleh Prancis dan Jerman di Bucharest, Rumania tahun itu 'salah perhitungan', lantaran tidak segera mengakui Ukraina ke dalam aliansi, meski ada dorongan dari Amerika Serikat.

"Saya mengundang Merkel dan (Nicolas) Sarkozy untuk mengunjungi Bucha, dan melihat seperti apa kebijakan konsesi ke Rusia dalam 14 tahun," katanya.

Dia merujuk pada dugaan kekejaman terhadap warga sipil Ukraina oleh pasukan Rusia, yang oleh kekuatan dunia digambarkan sebagai "kejahatan perang".

Presiden Zelenskyy menuduh para pemimpin Eropa berusaha menenangkan Rusia dengan sikap mereka tahun itu.

Namun, juru bicara Angela Merkel mengatakan, dia "mendukung keputusannya sehubungan dengan KTT NATO 2008 di Bucharest".

“Mengingat kekejaman yang terungkap di Bucha dan tempat-tempat lain di Ukraina, semua upaya oleh pemerintah dan komunitas internasional untuk berdiri di sisi Ukraina dan untuk mengakhiri barbarisme dan perang Rusia melawan Ukraina mendapat dukungan penuh dari mantan kanselir itu," kata juru bicara itu, melansir The National News 5 April.

Jerman sendiri menganggap terlalu dini bagi Ukraina untuk bergabung dengan NATO, karena menemukan bahwa kondisi politik Ukraina tidak terpenuhi pada saat itu.

Angela Merkel, yang pensiun dari politik akhir tahun lalu setelah empat kali berturut-turut berkuasa, pernah dipuji sebagai pemimpin dunia bebas. Tetapi, invasi Rusia di Ukraina mengungkap kekurangan 'warisannya' di Eropa, dengan kritik mengatakan dia meninggalkan Jerman dan Eropa rentan dengan kebijakan detente terhadap Pemimpin Kremlin.

Di bawah pengawasan khusus adalah ketergantungan Jerman pada energi Rusia, yang merupakan 36 persen dari impor gasnya pada tahun 2014, dan naik menjadi 55 persen pada saat invasi 24 Februari.

Ketergantungan pada kekuatan Rusia telah membuat Berlin mengatakan tidak dapat mengikuti seruan AS dan sekutu lainnya, untuk memberlakukan embargo energi penuh di Moskow.

Presiden Frank-Walter Steinmeier, yang merupakan menteri luar negeri di dua kabinet Kanselir Merkel, pada Hari Senin mengakui bahwa dia membuat 'kesalahan' dalam mendorong Nord Stream 2, pipa kontroversial yang dibangun untuk menggandakan impor gas Rusia ke Jerman.

"Kepatuhan saya pada Nord Stream 2 jelas merupakan kesalahan," tukas Steinmeier kepada media Jerman.

"Kami berpegang pada jembatan yang tidak lagi dipercayai oleh Rusia dan dari mana mitra kami telah memperingatkan kami," sambungnya.

Setelah dengan keras mempertahankannya melalui konstruksinya, Jerman akhirnya menghentikan proyek tersebut setelah invasi Rusia ke Ukraina.