Janji Manis di Proyek Prestisius Anies Baswedan, Formula E: Dimeriahkan Konser Musik Hingga Libatkan UMKM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertemu dengan CEO Formula E Alejandro Agag di New York (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni membeberkan wacana kemeriahan gelaran Formula E di Ancol pada 4 Juni 2022 mendatang.

Sahroni mengungkapkan bahwa penyelenggara meyakini, proyek prestisius Gubernur DKI Anies Baswedan ini bisa menampung 50 ribu penonton. Sebelumnya, wacana daya tampung 50 ribu penonton ini sempat dikurangi menjadi minimal 10 ribu kapasitas oleh penyelenggara karena keterbatasan lahan.

Namun, tanpa menjelaskan alasannya, panitia pelaksana membatalkan pengurangan kapasitas itu. "Jadi sudah disepakati bahwa tiket Formula E akan berjumlah minimal 50ribu," kata Sahroni pada Senin, 4 April.

Sahroni menuturkan, kursi penonoton akan dibuat dengan beragam kelas. Karenanya, pihaknya juga menjual tiket dengan harga yang beragam, mulai dari yang paling murah Rp350 ribu dan paling mahal hingga jutaan rupiah.

Namun, penjualan tiket ajang balap mobil listrik ini belum dibuka. Penjualan tiket, kata dia, akan mulai dilakukan pada Bulan Mei mendatang atau sebulan sebelum Formula E digelar pada 4 Juni 2022.

Tak cukup sampai di situ, Sahroni juga menjanjikan penyelenggara akan menyediakan berbagai ajang hiburan yang bisa dinikmati pada para penonton dan pengunjung seperti konser musik hingga festifal kuliner.

“Acaranya nanti juga akan sangat meriah. Di mana, kita mengadakan konser musik yang diisi oleh musisi dan grup musik ternama. Kita akan memiliki tiga panggung yang akan menampilkan hiburan dari pagi hingga malam,” ucap Sahroni.

Selain itu, Sahroni juga menyampaikan bahwa gelaran Formula E akan memfasilitasi pelaku UMKM untuk berdagang. Nantinya, mereka tidak hanya diberi kesempatan untuk berbisnis, namun juga untuk diberikan pelatihan mengenai pelayanan pada konsumen yang baik.

“Dalam ajang ini nantinya, kita akan melibatkan UMKM, di mana mereka tidak hanya diberi kesempatan untuk berbisnis atau berjualan, namun juga kesempatan untuk belajar. Para UMKM ini akan ditraining agar memiliki standar layanan kelas internasional,” urai dia.

Sebagaimana diketahui, sirkuit Formula E sendiri saat ini masih dalam pengerjaan dan hampir rampung. Pembangunan sirkuit dimulai sejak 3 Februari 2022 dan ditargetkan selesai pada awal bulan April.

Bentuk trek Formula E disebut mirip seperti kuda lumping. Lalu, sirkuit Jakarta International E-Prix ini memiliki 18 tikungan, 600 meter panjang trek lurus, arah lintasan searah jarum jam, dan panjang lintasan 2,4 kilometer.

Setelah sirkuit selesai dibangun, PT Jakpro selaku BUMD penyelenggara akan memulai pemasangan tribun, paddock, serta sarana lainnya sampai awal Mei 2022. Selanjutnya, sirkuit akan ditinjau dan diuji coba oleh FEO selaku pemegang lisensi Formula E. Sampai akhirnya, Formula E digelar di Ancol pada 4 Juni 2022.