Kabupaten Banyumas Tunggu Realisasi Penyaluran BLT Minyak Goreng
Kepala Dinsospermades Kabupaten Banyumas Widarso/Foto: Antara

Bagikan:

BANYUMAS - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, masih menunggu petunjuk teknis terkait dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng.

"Kami belum mendapatkan informasi apa-apa. Namun dari beberapa yang kami serap, kemungkinan itu (BLT minyak goreng, red.) disatukan bersamaan dengan BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) sama PKH (Program Keluarga Harapan)," kata Kepala Dinsospermades Kabupaten Banyumas Widarso di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin 4 Aprilsore.

Ia mengatakan dalam pemberitaan dikabarkan bahwa penerima BPNT dan PKH akan menerima BLT minyak goreng sebesar Rp100 ribu per bulan yang diberikan sekaligus untuk tiga bulan.

Dalam hal ini, BLT minyak goreng tersebut diberikan selama tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni serta dibayarkan sekaligus pada bulan April 2022.

Menurut dia, di Kabupaten Banyumas saat ini terdapat sekitar 200 ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) BPNT dan sekitar 100 ribuan KPM PKH.

"Total ada sekitar 300 ribuan KPM PKH dan BPNT yang ada di Banyumas," katanya dikutip Antara.

Terkait dengan waktu penyaluran BPNT dan PKH di Banyumas, Widarso mengatakan hal itu tidak bisa dipastikan meskipun informasi terbaru penyalurannya akan dilaksanakan sebelum Lebaran atau pada akhir bulan April 2022.

"Mudah-mudahan betul karena di pusat masih digodok mekanismenya, apakah penyalurannya lewat Kantor Pos atau akan lewat perbankan. Ini kami masih menunggu," katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga masih menunggu petunjuk teknis penyaluran BLT minyak goreng untuk pedagang kaki lima (PKL) di Banyumas, apakah melalui Dinsospermades atau melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

"Kami belum menerima informasi yang pasti terkait dengan mekanisme penyaluran BLT minyak goreng bagi PKL termasuk berapa alokasinya di Banyumas. Yang pasti BLT ini diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat dalam mengatasi kenaikan harga minyak goreng," katanya.