Khawatir Paparan Radiasi, Tentara Rusia Angkat Kaki dari Kawasan Pembangkit Chernobyl
Ilustrasi kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl di Ukraina. (Wikimedia Commons/David Holt)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan nuklir negara Ukraina mengatakan semua pasukan Rusia yang menduduki pembangkit listrik tenaga nuklir, telah ditarik dari wilayah tersebut, Kamis.

Tidak ada komentar segera dari pihak berwenang Rusia. Sementara, Badan pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), mengatakan sedang bersiap untuk mengirim misi ke fasilitas limbah radioaktif di Chernobyl di Ukraina utara.

Meskipun tentara Rusia menguasai Chernobyl segera setelah invasi 24 Februari, staf pabrik Ukraina terus mengawasi penyimpanan yang aman dari bahan bakar nuklir bekas. Termasuk mengawasi sisa-sisa reaktor yang terbungkus beton yang meledak pada tahun 1986, menyebabkan kecelakaan nuklir terburuk di dunia. .

"Menurut staf pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, sekarang tidak ada orang luar di lokasi," kata Energoatom dalam sebuah unggahan online, melansir Reuters 1 April.

Energoatom milik negara sebelumnya mengatakan, sebagian besar pasukan telah pergi, hanya menyisakan sejumlah kecil.

Lebih jauh pihak perusahaan juga mengungkapkan, pasukan Rusia juga telah mundur dari kota terdekat Slavutych, tempat para pekerja di Chernobyl tinggal.

Dalam unggahan terpisah, Energoatom mengatakan pihak Rusia telah secara resmi setuju untuk menyerahkan kembali tanggung jawab untuk melindungi Chernobyl kepada Ukraina.

Mereka membagikan pindaian dokumen yang ditandatangani oleh orang-orang yang diidentifikasi sebagai anggota staf senior di Chernobyl, pejabat militer Rusia yang ditugaskan untuk menjaga Chernobyl. Reuters tidak dapat segera memverifikasi keaslian dokumen tersebut.

Sebelumnya, Ukraina telah berulang kali menyatakan keprihatinan keamanan tentang Chernobyl, menuntut penarikan pasukan Rusia yang kehadirannya mencegah rotasi personel untuk sementara waktu.

Awal pekan ini, para pekerja di lokasi tersebut mengatakan kepada Reuters, tentara Rusia telah mengemudi tanpa perlindungan radiasi melalui Hutan Merah, bagian yang paling terkontaminasi radioaktif dari zona di sekitar Chernobyl, mengeluarkan awan debu radioaktif.

Energoatom mengatakan, sebagai akibat dari kekhawatiran mereka tentang radiasi, "hampir mulai terjadi kerusuhan di antara para prajurit," menunjukkan inilah alasan kepergian mereka yang tidak terduga.

Sementara, IAEA mengatakan belum dapat mengkonfirmasi laporan pasukan Rusia yang menerima dosis radiasi tinggi.

Terpisah, diminta untuk mengomentari akun dari staf Chernobyl, kementerian pertahanan Rusia tidak menanggapi.

Sebelumnya, kepala Energoatom mendesak IAEA untuk membantu memastikan pejabat nuklir Rusia tidak ikut campur dalam operasi Chernobyl dan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, terbesar di Eropa, yang juga diduduki oleh tentara Rusia, pada Hari Kamis.