Ambulans Dihadang Honda HRV Silver di Tol Cawang, Polisi Jelaskan Bahwa Kemacetan Juga Sebabkan Presiden Jokowi Terjebak Macet
Tangkapan layar video ambulans dihadang Honda HRV Silver di Jalan Tol Cawang, Jaktim

Bagikan:

JAKARTA - Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sutikno menjelaskan penyebab terjadinya kemacetan di Tol Jagorawi pada Selasa, 29 Maret, pagi.

Kemacetan itu berimbas pada terjadinya insiden ambulans yang merasa dihalangi mobil Honda HRV di Tol kawasan Cawang, Jakarta Timur, dan videonya viral di media sosial Instagram.

Menurut AKBP Sutikno, kemacetan yang terjadi akibat ada alat berat yang mogok di kawasan Tol Cawang. Sehingga kemacetan di Tol Jagorawi itu baru dapat disterilisasi sekitar pukul 12.00 WIB.

"Memang padat sekali, arus lalu lintas kiri kanan itu engga bisa (jalan) karena padatnya (lalin) itu. Kalau menghalangi saya rasa engga. (lalu lintas kendaraan) Padat sekali, pukul 12.00 baru lancar," jelas AKBP Sutikno saat dihubungi VOI, Selasa 29 Maret, sore.

Dia menyebutkan, kemacetan yang mengular panjang itu terjadi hingga ujung kendaraan yang terdampak kemacetan sampai di wilayah Cibubur.

Kemacetan itu disebabkan karena adanya mobil pengeruk aspal yang mogok di tengah jalan.

"Jadi semalam ada pengaspalan dan kendaraan alat berat itu mogok di tengah jalan. Pukul 12.00 WIB baru bisa dievakuasi menggunakan dua unit crane," ujarnya.

Akibatnya, menurut AKBP Sutikno, kemacetan itu juga merugikan semua pihak (pengemudi kendaraan) yang berada di Tol Jagorawi.

"Jadi tidak bisa menyalahkan juga, karena semuanya terlambat semua tadi pagi," kata dia.

"Macet total, Presiden aja (terjebak) macet sampe keluar di Kodam, Presiden itu. Jam 12.00 WIB baru bisa dievakuasi," imbuhnya.

Sementara terkait insiden ambulans terhalang kendaraan pribadi Honda HRV itu, Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya segera akan berkoordinasi dengan Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Nanti kita koordinasikan dengan Gakkum. Saat ini tidak ada laporan (dari pihak ambulans)," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, satu unit ambulan yang diduga membawa pasien akan menjalani operasi ke RS Dharmais kembali dihalangi mobil jenis HRV bernomor polisi B 2475 TKO.

Kejadian itu diunggah akun Instagram @emergencyresponseindonesia.

Dalam postingan itu, kejadian terjadi di Tol Cawang, Jakarta Timur.

"Bukan menepi malah justru mobil HRV tersebut berhenti yang membuat ambulans ikut berhenti," tulis dalam caption video itu, Selasa 29 Maret.

Kemudian setelah mobil Honda HRV berhenti, terdengar sempat terjadi perdebatan antara sopir ambulans dengan pengemudi mobil HRV yang menghalangi laju ambulans itu.