Fantastis! Pakai APBN 2022, DPR Beli Makan Rusa Rp2,3 M dan Ganti Gorden Rumah Dinas Anggota Rp 48,7 M
Rusa (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sekretariat Jenderal DPR RI telah membuat Rencana Umum pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2022. Ada sejumlah item pengadaan barang dan jasa yang menarik perhatian.

Diantaranya pengadaan makan rusa dan penggantian gorden rumah jabatan anggota DPR yang harganya mungkin "bikin geleng kepala".

Dalam Layanan Pengadaan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) DPR RI nampak permintaan jasa untuk tender pemeliharaan rusa, perawatan medis rusa dan biaya makan rusa dengan nilai pagu Rp 2.376.000.000.

Atau bisa disebut biaya pemeliharaan rusa di Gedung DPR menghabiskan anggaran APBN sekitar Rp 2,37 miliar setahun.

Tak dijelaskan jenis perawatan, makanan dan jumlah rusa yang masuk dalam pemeliharaan.

Pengadaan itu dibuat pada 12 November 2021 yang bersumber dari anggaran APBN 2022. Tender tersebut sudah selesai dijalankan.

Lebih fantastis lagi, pada pengadaan barang yang dibuat pada 8 Maret 2022 menyebutkan penggantian gordyn dan blind DPR RI Kalibata senilai Rp 48.745.624.000.

Artinya penggantian gorden rumah jabatan anggota (RJA) DPR di Kalibata menghabiskan anggaran APBN sekitar Rp 48,7 miliar.

Tidak dijelaskan pula berapa jumlah ruangan yang mesti gordennya diganti. Disebutkan, tahap tender tersebut saat ini dalam evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga.

Tim VOI mencoba mengkonfirmasi Sekjen DPR Indra Iskandar untuk mengetahui jangka waktu penggantian gorden RJA Kalibata namun belum ada tanggapan.