Sniper Elit Kanada Bergabung dengan Ukraina Jaga Kyiv Melawan Rusia
@MFA_Ukraine

Bagikan:

JAKARTA - Perkenalkan, sebutannya adalah 'Wali'. Dia prajurit elite Kanada dengan spesifikasi ahli menembak jarak jauh yang kini bergabung dengan Ukraina melawan Rusia.

Wali diisukan berhasil dibunuh oleh pasukan Rusia beberapa hari lalu. Ketika serangan tank menghantam sebuah rumah yang jadi lokasi persembunyiannya.

"Saya berada di sebuah rumah di mana mereka menembak kamar tepat di samping saya dengan peluru dari tangk, saya berjarak sekitar tiga meter. Kita beruntung," kata Wali seperti dikutip dari The Mirror, Rabu 24 Maret.

"Sekarang saya tahu bagaimana rasanya terlibat dengan tank," tambahnya.

Wali akhirnya bersuara soal bagaimana kondisi terkini. Dia yakin Moskow menyebarkan laporan tentang kematiannya sebagai bagian dari kampanye propaganda.

Wali bergabung dengan Ukraina setelah Vladimir Putin memulai invasi dengan tajuk operasi skala penuh pada 24 Februari lalu. Awalnya dia masih rutin memberitakan perkembangan yang terjadi di media sosialnya.

Tetapi selama ini dia sedang menghabiskan waktu di wilayah Kyiv, bertempur bersama Angkatan Bersenjata Ukraina.

Meski punya reputasi mentereng, dia mengaku belum mencatat pembunuhan apa pun.

Berbicara pada hari Selasa, dia bilang "cukup makan, istirahat dan semuanya baik-baik saja".

"Saya adalah orang terakhir yang mengetahui berita bahwa saya telah meninggal," candanya.

Wali menggambarkan keterlibatannya dengan pasukan Rusia, yang hanya berjarak 50 meter dan menyadari posisi mereka.

Kata Wali, perang di Ukraina tidak seperti apa pun yang pernah dia lihat.

“Ini tidak seperti semuanya runtuh, masih ada internet. Sebagian besar zona pertempuran tidak memiliki listrik dan tidak ada air dan itu kekacauan," jelasnya.

Dia berkata bahwa dia pergi ke pusat Kyiv untuk berpatroli dan tinggal di sebuah kondominium yang "luar biasa" dengan mesin espresso.

Namun, dia telah melihat adegan yang jauh lebih menyedihkan, termasuk orang Rusia yang secara rutin menembak anjing peliharaan yang berkeliaran karena memberikan posisi dengan menggonggong.

Dan dia juga bertemu dengan seorang wanita tua dan kucingnya yang tidak makan selama berhari-hari.