Jeda Teknis Hentikan Pertemuan Hari Senin, Pembicaraan Damai Rusia-Ukraina Dilanjutkan Selasa Ini
Perundingan damai putaran ketiga Ukraina dengan Rusia beberapa waktu lalu di Belarusia. (Sumber: Twitter@BelarusMFA)

Bagikan:

JAKARTA - Pembicaraan antara Ukraina dan Rusia berhenti pada hari Senin dan akan berlanjut pada Hari Selasa, salah satu negosiator Ukraina mengatakan di Twitter.

"Jeda teknis telah diambil dalam negosiasi hingga besok. Untuk pekerjaan tambahan di subkelompok kerja dan klarifikasi definisi individu. Negosiasi berlanjut," kata negosiator Mykhailo Podolyak, melansir Reuters 15 Maret.

Digelar melalui tautan video, tidak seperti pembicaraan sebelumnya secara langsung di Belarusia, dialog putaran keempat antara Rusia dengan Ukraina pada Hari Senin belum mengumumkan kemajuan baru.

"Komunikasi sedang diadakan, namun sulit," ujar Mykhailo Podolyak, yang sebelumnya menciptakan beberapa harapan kemajuan dengan mengatakan pada hari Minggu bahwa Rusia mulai berbicara "secara konstruktif".

Pembicaraan telah berhenti untuk hari itu tetapi akan dilanjutkan pada hari Selasa. Rusia "masih memiliki khayalan bahwa 19 hari kekerasan terhadap kota-kota damai (Ukraina) adalah strategi yang tepat", katanya.

Adapun negosiator Rusia Vladimir Medinsky mengunggah di media sosial, Moskow berpegang teguh pada tujuan utama dari invasi yang dimulai pada 24 Februari tersebut.

"Kami bertujuan untuk melakukan segala kemungkinan untuk pencapaian tujuan yang ditetapkan oleh Vladimir Putin, untuk masa depan damai Rusia," ujarnya.

Untuk diketahui, putaran pertama pembicaraan Rusia-Ukraina diadakan di wilayah Gomel Belarusia pada 28 Februari. Pembicaraan berlangsung selama lima jam. Pembicaraan putaran kedua diadakan pada 3 Maret di Belovezhskaya Pushcha, di Belarus. Pembicaraan tersebut menghasilkan kesepakatan tentang koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil.

Delegasi bertemu untuk pembicaraan putaran ketiga pada 7 Maret, di wilayah Brest, juga di Belarus. Pada 10 Maret, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov bertemu dengan mitranya dari Ukraina, Dmitry Kuleba di sela-sela forum diplomatik di Antalya, Turki.