Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai pemindahan Ibu Kota ke Nusantara, Kalimantan Timur memberi peluang pada Jakarta untuk mempercepat pembangunan menjadi kota global dunia.

Hal ini ia sampaikan usai prosesi penyatuan tanah dan air yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di IKN Nusantara.

"Bagi kami di Jakarta ini harus dipandang sebagai peluang. Peluang untuk semakin mempercepat pembangunan di Jakarta sebagai kota global dunia, kota global yang setara kota kota global lainnya," kata Anies dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 14 Maret.

Kota global dunia yang akan dicapai Jakarta, menurut Anies, bukan hanya berkutat pada kemajuan aspek ekonomi, melainkan juga aspek budaya, sosial, kesehatan, hingga pendidikan yang dikembangkan.

Ada pun, lanjut Anies, unsur-unsur utama kota global adalah mobilitas penduduk berbasiis kendaraan umum dan ramah lingkungan. Selain itu, adanya fasilitas kesehatan hingga fasilitas pendidikan berstandar internasional.

"Kemudian, memiliki daya tarik global talent sehingga produktivitas yang terjadi di kota ini bisa dirasakan manfaatnya baik untuk Indonesia maupun di tataran global," ucap Anies.

Sebagai informasi, prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur di kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur telah dilakukan pada hari ini, Senin, 14 Maret.

Acara ini diawali dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, Jokowi didampingi Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menerima tanah dan air dari para gubernur untuk kemudian dituangkan ke Bejana Nusantara.