Bandara Juanda Surabaya Kini Diperbolehkan untuk PPLN
BANDARA JUANDA SURABAYA/DOK ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo diperbolehkan untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), termasuk umrah.

"Sudah buka. Efektifnya 1-2 hari ke depan untuk persiapan dan sebagainya," ujar Menko Luhut usai menggelar rapat tertutup dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan jajaran forkopimda di Surabaya dilansir Antara, Jumat, 11 Maret.

Menurut dia, para pelaku perjalanan luar negeri yang baru tiba di Juanda masih harus melakukan tes usap PCR di bandara untuk memastikan kondisi kesehatan yang bersangkutan.

Apabila negatif, kata Luhut, maka diperbolehkan kembali ke daerah asal. Namun, jika positif maka diharuskan menjalani masa karantina.

"Karantina sudah disiapkan di hotel atau Asrama Haji Surabaya," ucap Koordinator PPKM Jawa-Bali itu.

Luhut menerima informasi sampai saat ini masih ada 8.000-an lebih calon jamaah umrah di Jatim yang menunggu keberangkatan.

Menko Marves juga bercerita bahwa dirinya belum lama ini melakukan perjalanan ke Arab Saudi dan menyebut sudah tak ada aturan tes usap.

"Tapi yang datang dari luar negeri saat dicek masih ada yang positif. Makanya kita kan tidak mau juga menyebarkan, sehingga harus dikarantina sebentar," katanya.

"Vaksin pertama, kedua dan booster elok dilakukan dan kalau yang sudah tua serta memiliki komorbid (penyakit bawaan) harus tetap hati-hati," tutur Luhut menambahkan.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut baik Bandara Juanda yang akan dibuka kembali untuk perjalanan luar negeri, termasuk umrah.

Menurut dia, hal tersebut menjadi penguat dan spirit bagi kebangkitan ekonomi, khususnya di wilayah setempat.

Pemprov Jatim, lanjut dia, telah menyiapkan langkah strategis dan melakukan identifikasi terkait standar operasional prosedur layanan umrah, baik keberangkatan maupun kepulangan.

"Apalagi di tingkat pusat telah diputuskan tidak ada karantina kepulangan bisa hasil PCR negatif ketika tiba di Tanah Air," katanya.

Pemprov Jatim bersama Pemkot Surabaya telah menyiapkan karantina bagi jamaah umroh yang tiba melalui Juanda, yakni di Asrama Haji Sukolilo dan BPWS sisi Bangkalan.

"Kami berharap jamaah umroh dari Jatim tetap mematuhi protokol kesehatan ketat, baik di Indonesia maupun di Arab Saudi," ujar Khofifah.