Jokowi dan Pebalap MotoGP Bakal Parade di Ibu Kota, Wagub Riza Senang: Kami akan Perlihatkan Jakarta pada Dunia
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto:Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut baik parade yang akan diikuti oleh 20 pebalap MotoGP bersama Presiden Joko Widodo pada Rabu pekan depan di Ibu Kota Jakarta.

"Kami tentu senang ya, MotoGP yang akan berlangsung di mandalika NTB, akan ada parade di Kota Jakarta," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Maret.

Riza memandang, parade dalam rangka gelaran MotoGP ini akan memamerkan wajah Jakarta kepada dunia yang ia anggap saat ini telah mengalami kemajuan dalam pembangunannya.

"Tentu ini akan memperlihatkan Kota Jakarta yang bersih, rapi, menarik, semakin keren, indah. Ini kan baik. Kami bisa memperlihatkan kepada dunia, khususnya kepada pengendara MotoGP dan seluruh kru," ujar Riza.

Sementara, Polda Metro Jaya segera menyiapkan pengaman rute yang akan dilalui oleh konvoi Presiden Joko Widodo dan 20 pembalap MotoGP dalam rangka mempromosikan kegiatan balap motor MotoGP Mandalika.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan, kepolisian bisa saja menerapkan rekayasa arus lalu lintas maupun penutupan jalur dalam rangka pengamanan rute yang akan dilalui oleh konvoi presiden dan 20 pebalap MotoGP pada 16 Maret 2022.

Namun, pihak kepolisian belum bisa mengungkapkan mengenai rencana rekayasa arus lalu lintas selama parade. "Kita belum tahu rute pastinya, jaraknya berapa, tapi pasti pengamanannya maksimal," ujarnya.

Kombes Zulpan mengatakan, rencana rekayasa arus lalu lintas tersebut akan dirapatkan lebih dahulu dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sebagai pemegang komando prosedur tetap (protap) pengamanan RI 1.

Dalam parade ini, nama-nama besar seperti Marc Marquez, Joan Mir, Francesco Bagnaia, Andrea Dovizioso, akan membawa gempita MotoGP ke Ibu Kota dengan arak-arakan yang akan dimulai dan diakhiri di Istana Merdeka.

Pebalap nasional Mario Aji yang debut dalam kelas Moto3 tahun ini, serta Veda Ega Pratama yang berkompetisi dalam Asia Talent Cup, akan turut meramaikan parade tersebut bersama duet tim Pertamina Mandalika SAG; Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo.