Jokowi Dipastikan Tak Ikut <i>Motoran</i> Bersama Pebalap MotoGP di Jakarta
Presiden Jokowi di Mandalika/Foto: Setkab

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan tak ikut serta dalam parade puluhan pebalap MotoGP. Jokowi hanya akan menerima dan melepas mereka berkendara di sekitar Jakarta.

"Jadi rencananya bapak presiden akan menerima para pembalap ini, diawali dengan sarapan bersama lalu akan ada bincang-bincang sebentar di istana," ujar Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda kepada wartawan, Selasa, 15 Marey

Usai menerima puluhan pebalap, Jokowi akan melepas mereka untuk berkendara. Puluhan pebalap itupun akan berparade dari Istana Merdeka hingga Hotel Kempingski, Jakarta Pusat.

"Para pebalap akan dilepas secara resmi oleh presiden sekaligus mengucapkan selamat bertanding di Mandalika," kata Cahyadi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo pun menegaskan Jokowi tidak akan berada dalam rombongan para pebalap MotoGP tersebut. Namun, tak dirinci alasan di baliknya.

"Pak Jokowi hanya melepas saja di Istana," kata Sambodo.

Dua puluh pebalap berbagai kelas akan berparade di Jakarta, pada Rabu, 16 Maret. Kegiatan parade ini dilakukan sebelum bertolak ke Lombok untuk menjalani balapan seri kedua dalam kalender MotoGP akhir pekan depan.

Sirkuit Pertamina Mandalika akan menjadi tuan rumah Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret setelah ajang balap sepeda motor paling bergengsi di dunia itu absen selama 25 tahun di Indonesia.

Sebelum menuju sirkuit di pesisir selatan Pulau Lombok itu, nama-nama besar seperti Marc Marquez, Joan Mir, Francesco Bagnaia, Andrea Dovizioso, akan membawa gempita MotoGP ke ibu kota dalam arak-arakan yang akan dimulai dan diakhiri di Istana Merdeka.