Kabar Baik untuk Anak Sekolah di Kudus, Sekolah Mereka yang Rusak akan Segera Diperbaiki
Sekolah dengan atap yang mulai jebol atau mengalami kerusakan lain di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, segera diperbaiki pada pertengahan Maret 2022. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

Bagikan:

KUDUS - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan perbaikan 110 unit gedung sekolah rusak tingkat SD dan SMP dimulai pertengahan Maret 2022.

"Untuk saat ini, kami tengah menunggu dari konsultan perencana. Begitu perencanaannya sudah siap, perbaikan gedung sekolah bisa segera dimulai," kata Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus Harjuna Widada di Kudus, dilansir Antara, Rabu, 9 Maret.

Ia memperkirakan jika pengerjaannya bangunan gedung sekolah tersebut bisa dimulai pertengahan Maret 2022, maka bulan Juni 2022 ditargetkan semua gedung sekolah rusak yang menjadi sasaran perbaikan sudah selesai dikerjakan.

Anggaran yang disediakan untuk perbaikan 110 unit gedung sekolah rusak tersebut sekitar Rp22 miliar melalui APBD 2022.

Dari 110 unit sekolah tersebut, meliputi tingkat SD sebanyak 100 sekolah dan tingkat SMP sebanyak 10 sekolah. Tersebar di sembilan kecamatan dengan jumlah sekolah terbanyak untuk tingkat SD di Kecamatan Mejobo dan Kaliwungu masing-masing ada 14 sekolah, disusul Kecamatan Undaan ada 13 sekolah, dan paling sedikit di Kecamatan Kota ada enam sekolah.

Sementara untuk tingkat SMP tersebar di Kecamatan Bae ada dua sekolah, Kecamatan Undaan tiga sekolah, Kecamatan Jekulo dua sekolah, sementara di Kecamatan Gebog, Kota dan Jati masing-masing satu sekolah.

Untuk gedung sekolah rusak lainnya, kata dia, akan didata untuk diusulkan pada APBD 2023. Kalaupun bisa tersedia anggaran tahun ini, tentunya akan diusulkan melalui APBD Perubahan 2022.

Ketika perbaikan bangunan, maka proses belajar mengajar siswa bisa memanfaatkan ruangan lainnya seperti ruangan guru maupun perpustakaan atau mengatur jadwal masuk agar semuanya bisa mengikuti pembelajaran tatap muka.